Koperasi Alumni UNHAS Segera Terbentuk

240

SULSELBERITA.COM. Jakarta - Koperasi adalah Sokoguru perekonomin nasional, sebagaimana dirintis oleh Drs. Muhammad Hatta yang akrab dengan panggilan Bung Hatta Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia.

Berlangsung secara seserhana di Kafe Demang Sarinah Jakarta Kamis (9/1/2020), salah satu program Ikatan keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas), khususnya yang bermukim di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) adalah membentuk Koperasi sebagai wadah bisnis dan sosial sekaligus.

Koperasi ini adalah kebutuhan, bukan sekedar program kerja, tutur Ismak, sapaan akrab Muhammad Ismak Ketua Ika Unhas Jabodetabek. Oleh karenanya pembentukannya mendesak dilakukan. "tidak perlu mengulur waktu kita segera jalan saja", ungkapnya suatu ketika. "Wahana ini sekaligus media untuk saling berinteraksi dan konsolidasi bagi alumni Unhas khususnya di Jabodetabek" bebernya seraya berharap bahwa meskipun baru dimulai ini bukan lagi untuk belajar tapi sekaligus langsung bekerja harapnya.
"wadah ini bisa meningkatkan kebersamaan, dalam rangka membangun jaringan usaha bagi alumni UNHAS, serta bisa menjadi pilot project Koperasi Modern, dengan tata kelola profesional, transparan dan akuntabel" tutur Ismak yang juga bakal calon Walikota Makassar ini.

Baca Juga  Kamriati Anies Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional Kemenag Sinjai

Sementara itu Acram Mappaona Aziz lawyers muda potensial yang menginisiasi bersama beberapa alumni Unhas antara lain Salahuddin Alam, Awaluddin, Tanra A. Madjid, Suharman, Hasnaeni, Andi Aisyah Lamboge, Suryadi dan Faradillah Ahmad. sejak awal pembentukan Koperasi Alumni Unhas ini, berharap dapat segera dijalankan karena peluang bisnis makin nyata. "Sudah banyak agenda di depan mata yang dapat segera dijalankan", ungkap Acram putra Soppeng ini.

"Kita sudah mulai dari yang kecil-kecil seperti batik Alumni, tumbler maupun t-shirt tinggal dikembangkan ke unit usaha lainnya" pintanya.

*Dipimpin alumni FKM*

Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Pendirian Koperasi Alumni UNHAS
Bertempat di Cafe Demang Sarinah Jakarta, telah menghasilkan titik terang pembentukan Badan Hukum Koperasi Alumni UNHAS. Pertemuan yang diinisiasi Salahuddin Alam dan Acram Mappaona Aziz, menyepakati pendirian Koperasi Alumni UNHAS akan dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2020.

Baca Juga  Senator Aceh Bertemu Habib Rizieq di Mekkah, ada Apa?

Muhammad Ismak. ketua Ika Unhas Jabodetabek

Dalam pertemuan konsolidasi disepakati Pengurus masing-masing Tanra A. Madjid (FKM/ 89) sebagai Ketua, Suryadi (FEB/ 2005) Sekretaris dan Faradillah Ahmad (FKM 2008). Sedangkan untuk Ketua Badan Pengawas Muhammad Ismak dengan Anggota Acram Mappaona Aziz, Andi Aisyah Lamboge, Suharman dan Salahuddin Alam. Mengenai Struktur lainnya dapat ditambahkan Dewan pakar, Pembina dan lain-lain nanti setelah Penguris resmi terbentuk.

"Saya berat terima amanah ini selain karena belum pernah memimpin koperasi juga masih banyak senior ataupun sahabat lain yang lebih mampu" tuturnya merendah. "Mohon saya dibantu dan dibimbing agar wadah koperasi ini dapat mencapai tujuannya apalagi ini demi kebersamaan kita" urai Tanra yang juga alumni Pesantren IMMIM Makassar ini. "Tentu rencana dan harapan banyak, tinggal kita eksekusi satu persatu sesuai kemamluan dan kapasitas kita" ungkap wanita berhijab ini.

"Sebagai dukungan Ketua IKA UNHAS Wilayah Jabodetabek, kanda Ismak, memberikan respon positif, dan langsung menawarkan kantor permanen di Kawasan Tebet Jakarta Selatan" sebut Suharman Usman yang juga Direktur Eksekutif IKA Unhas Jabodetabek.

Baca Juga  Terciduk..Polisi Gowa Bantu Dorong Mobil Warga yang Mogok di Tengah Jalan

Pembentukan resmi berdirinya Koperasi Alumni Unhas dijadwalkan Sabtu (18/1/2020) di Jalan Tebet Barat IX No 7B
Jakarta 12810. Dijadwalkan akan dihadiri oleh Iwan Agung Suryawan dari Dinas Koperasi dan UKM DKI Jakarta yang juga merupakan Penyuluh Koperasi tingkat Nasional bersama Achmad Yannie dari Dekopinwil DKI.

*Induk Koperasi IKA Unhas*

Pada kesempatan tersebut salah satu insiator yang juga Pengurus Dekopinwil DKI Jakarta Salahuddin Alam mengemukakan bahwa jika nantinya IKA Unhas di beberapa Wilayah juga sudah terbentuk maka dapat didirikan Induk Koperasi Alumni Unhas. "harapannya ke sana sehingga kita tidak berpikir jangka pendek sehingga entitas bisnisnya bisa makin besar dan luas" ungkapnya. "Jika di Kaltim, Sulteng, Sulbar, Jabar, Banten, Kepri sudah terbentuk akan lebih mudah membentuk Induk Koperasi tingkat nasional. Undang-undangnya bilang begitu" pungkas pria humoris ini sembari menutup Rapat Persiapan Pembentukan Koperasi Alumni Unhas.

Advertisement
BAGIKAN