BUMDES Lengkese Berhasil Lahirkan Berbagai Unit Usaha Desa

340

SULSELBERITA.COM. Takalar,- Sejatinya pemuda adalah ujung tombak kemajuan suatu Negara, berangkat dari pemikiran inilah para pemuda Desa Lengkese memiliki tanggung jawab dalam pengelolahan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, Bumdes Beringin Jaya desa Lengkese dinahkoda Chairul Amri bisa melahirkan beberapa unit usaha dan bemberikan kontribusi dalam Pendapatan Asli Desa (PADesa). Selain itu, sudah dapat penambahan modal usaha melalui persentase pengembalian modal usaha ke Kas Desa. Beberapa unit usaha itu diantaranya, Jasa pengeboran sumur, Bengkel Las dan Pertukangan, toko tani, serta yang teranyar adalah Carwash atau pencucian mobil.

Seiring dengan rencana Pemerintah Daerah dalam mendukung P22 melalui pengembangan UMKM, Insya Allah dalam beberapa hari kita akan launching Desa Mart atau lebih dikenal dengan Bumdesmart, ini diharap dapat menjadi salah satu unit usaha Bumdes Lengkese yang bisa dapat menyanggah perekonomian Desa Lengkese serta sumber PADesa baru.
Olehnya itu, kita berharap support dari seluruh komponen masyarakat dan kelembagaan Desa untuk memberikan dukungan maupun kerjasamanya demi suksesnya Bumdes ini, ungkap Plt. Kades Lengkese, Amien Muis.

Baca Juga  Sosok Agung Eko Prabowo, Anak seorang Ojek Online Lulus Akademi Militer

“Bumdes sukses maka masyarakat Desa Lengkese akan sejahterah" ujar Chairul Amri atau akrab disapa Puppa, imbuhnya”.

Salah satu pendamping Desa mengungkapkan, “Kami berharap bisa Desa Lengkese menjadi Desa Pilot Project bagi Desa-Desa yang ada di Kab. Takalar khususnya, agar ke depan Desa bisa menopang dan mewujudakan sendiri kebutuhan pembangunannya serta menjadi Desa Mandiri".

Menurut Zulkifli, salah satu kepala unit Bumdes "Keberadaan Bumdes Beringin Jaya Lengkese dapat memberi angin segar kepada masyarakat Desa Lengkese, terutama kesempatan dan peluang kerjapun ikut terserap dengan munculnya Bumdes ini sendiri. Sebelumnya Bumdes hanya nama, kini dengan hadirnya Bumdes, Alhamdulillah kami bisa produktif berkarya demi Desa kami tercinta".

Editor: Ilham
Advertisement
BAGIKAN