Turun Ke Jalan KPPM Minta Presiden Jokowi Harus Tuntaskan Janji Politik Terkait Pelanggaran HAM

0
244

SULSELBERITA.COM. Makassar-Koalisi Perjuangan Pemuda Mahasiswa (KPPM) kembali menggelar aksi pada tanggal 18 Oktober 2018. Tepatnya pukul 15.30, KPPM melakukan aksi dengan membakar ban dan menblokade jalan Sultan Alauddin tepat di depan Kampus 1 UIN Alauddin Makassar. Aksi tersebut merupakan bentuk protes mahasiswa atas beberapa kasus yang terjadi di Indonesia selama satu periode kepemimpinan Jokowi.

Dalam bentuk sikap politik KPPM melihat dinamika konflik yang terjadi dalam 5 tahun semasa kepemimpinan Jokowi-JK. Tanpa menghiraukan arahan Jenderal Kepolisian Tito Karnavian pada tanggal 17 Oktober 2019 kemarin yang melarang setiap eleman mahasiswa dan masyarakat untuk menggelar aksi menjelang pelantikan jokowi-Ma'ruf. melihat hanya tinggal 3 hari lagi pelantikan jokowi yang nantinya akan dihadiri beberapa tamu dari beberapa negara.

Baca Juga  Aspidsus Kejati Kepri: Dua Alat Bukti Sudah Cukup Untuk Menetapkan Seseorang Sebagai Tersangka

Nurwahid sebagai jendral lapangan mengatakan dalam orasinya menuntut presiden Jokowi untuk menuntaskan janji politiknya di periode yang lalu mengenai penyelesaian kasus pelanggaran HAM dan juga meminta kepada PBB untuk mengecam beberapa situasi dan konflik yang terjadi di Indonesia.

Selain itu massa aksi juga meminta kepada International Labour Organization (ILO) untuk memastikan upah buruh di Indonesia dinaikkan dengan menekan pemerintah Indonesia untuk mencabut PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan dan juga meminta kepada presiden bertanggung jawab atas kematian beberapa mahasiswa dan pelajar yang di represif dalam aksi September berdarah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here