Ketua PMI Kab Takalar Pimpin Rakor Kesiap Siagaan Bencana

580

SULSELBERITA.COM. Takalar -  Ketua PMI Kab.Takalar Dr. Darwis Makka, Sp.M, M.Kes memimpin Rakor Kesiap Siagaan Bencana di Markas PMI Kab.Takalar Kamis (5 September 2019).

Peserta yang hadir pada acara tersebut antara lain dari BPBD, PSC 119, DAMKAR, TAGANA Dinas Sosial dan Perwakilan dari RSUD. Tema yang menjadi bahan diskusi pada kegiatan tersebut adalah "Membangun Sinergitas dalam Upaya Mengefektifkan Kesiap-siagaan Bencana di wilayah Kab.Takalar".

Tema tersebut diangkat mengingat kondisi cuaca ekstrim yang sering terjadi menyebabkan terjadinya Banjir, Abrasi, Kekeringan yang menyebabkan musibah kebakaran sehingga perlu ditingkatkan jalur informasi dan koordinasi dalam upaya penanggulangan maupun pengurangan resiko bencana.

Advertisement

Dr. Darwis berharap dalam pertemuan tersebut agar mampu melahirkan ide, gagasan dan solusi yang diwujudkan dalam kesepakatan bersama bagaimana menentukan jalur informasi dan koordinasi dalam menangani bencana alam maupun bencana sosial.

Baca Juga  Sat Sabhara Polres Gowa Pantau Keamanan Pelakasanaan Ummat Kristiani

"Dalam penanganan bencana selain Pemerintah Daerah dan PMI ada beberapa organisasi masyarakat yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, sebagai contoh yang hadir pada pertemuan hari ini PSC 119 yang selalu siap siaga dalam penanganan korban kecelakaan".ujar Darwis Makka.

Pada akhir acara diskusi santai menghasilkan beberapa rekomendasi yang disepakati bersama yang dikoordinir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) antara lain : Koordinasi penanggulangan bencana terkhusus penanggulangan bencana Kekeringan dan Kebakaran, Bekerjasama dalam Kesiap-siagaan Bencana berbasis sekolah dan Masyarakat melalui kegiatan sosialisasi penanggulangan bencana, terakhir Dr.Darwis mengatakan InShaa Allah akan PMI Kab.Takalar akan melaksanakan Kemah Bakti Bersama antara PMI, BPBD, PSC 119, DAMKAR, TAGANA dan beberapa Relawan

Advertisement
BAGIKAN