Dalam Rangka Latihan Kepemimpinan Kader Tahun 2019, PMKRI Cabang Makassar Gelar Seminar Nasional

431

SULSELBERITA.COM. Makassar-Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Makassar Sanctus Albertus Magnus tahun 2019 menggelar Seminar Nasional dalam rangka Latihan Kepemimpinan Kader tahun 2019. Seminar Nasional kali ini mengangkat tema yang bertajuk “Visi Indonesia Presiden Terpilih dalam Rancangan Pemerintah Sulawesi Selatan” Senin/02 September 2019 bertempat di Aula Keuskupan Agung Makassar (Jl. M. Thamrin 5-7 Makassar).

Hadir sebagai pembicara Bapak Mustamin, SE., MM (Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal Provinsi Sulsel), Dr. Sarifuddin, S.Pd., MM (Kepala Seksi Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan), dan Bapak Dr. Setiawan Aswad (Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Provinsi Sulawesi Selatan)

Ada pun yang hadir sebagai peserta Seminar adalah Cipayung Plus Kota Makassar, PMKRI Cabang Palu, PMKRI Cabang Toraja, Komisaris Daerah XI Sulawesi PMKRI St. Thomas Aquinas, Dewan Pembina dan Dewan Pertimbangan PMKRI Cabang Makassar, DPC WKRI se-kota Makassar, Keluarga Mahasiswa Katolik se-kota Makassar, THS-THM se-kota Makassar, OMK se-kota Makassar, Paduan Suara Serafim paroki Kare Makassar, dan seluruh anggota PMKRI Cabang Makassar.

Baca Juga  Bahagia dalam Kesederhanaan, Bhabinkamtibmas Polsek Somba Opu Ciptakan Suasana Harmoni dengan Babinsa

Ketua Panitia Pelaksana Herianto Ebong dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader PMKRI Cabang Makassar tahun 2019 dihadiri oleh anggota biasa PMKRI Cabang Palu dan anggota biasa PMKRI Cabang Makassar sendiri. Saya mengucapkan selamat dating di kota Makassar untuk para delegasi, semoga dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik yang akan dilaksanakan tanggal 02 sampai 08 September 2019 yang akan datang.
Hal senada disampaikan oleh anggota penyatu PMKRI Cabang Makassar Bpk. Ernawan Lupiyanto, ST selaku Dewan Pembina dalam sambutannya menyampaikan bahwa PMKRI selalu memberikan kontribusi positif untuk Gereja dan tanah air juga untuk Sulawesi Selatan. Ini adalah kewajiban untuk semua para kader PMKRI. Untuk itu, saya berharap bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini harus berlanjut secara terus menerus. Kader PMKRI harus mampu menghadapi tantangan zaman. Sebab, tantangan global di era digital ini semakin besar.

Baca Juga  Tak Mau Jatuh Korban Lagi, Bhabinkamtibmas Polsek Tombolopao Intens Beri Himbauan

Selain itu, Ketua Presidium PMKRI Cabang Makassar Sanctus Albertus Magnus periode 2019-2020 Pius Yolan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana dan panitia pengarah atas kerja keras untuk menyukseskan kegiatan ini. Untuk diketahui bahwa “Latihan Kepemimpinan Kader” (LKK) merupakan Pembinaan Formal berjenjang tertinggi di tingkat Cabang. Oleh karenanya, saya mengharapkan kepada seluruh peserta LKK untuk tetap setia mengikuti proses hingga selesai. Melalui pembinaan ini, saya mengharapkan kepada seluruh peserta LKK nantinya harus peka terhadap isu lokal mau pun nasional, pantang menyerah dalam mengemban tugas dan atau amanah baik internal PMKRI maupun eksternal yang dijiwai oleh tiga benang merah PMKRI (Kristianitas, Fraternitas, dan Intelektualitas).

Kita ketahui secara bersama bahwa tantangan global hari ini semakin besar. Kader PMKRI harus mampu menghadapi tantangan saat ini diera digital. Sebab, diera digital ini, yang cepatlah yang menentukan, yang lambat akan dilengserkan.

Baca Juga  Antisipasi Balap Liar di Malam Hari, Personil Polsek Bajeng Mobile Lakukan Patroli

Disisi lain, ancaman perpecahan persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa oleh kelompok-kelompok tertentu semakin nampak Untuk itu, kader PMKRI harus mampu merangkul, keberpihakan kepada kaum tertindas dengan semangat nilai-nilai Kekhatolikan (Cinta kasih). Tema LKK kali ini bertajuk “Karakter dan Transformatif”
Kepala Biro Kesejahteraaan Setda Provinsi Sulawesi Selatan (Bapak H. Suherman, SE., MM.) hadir dalam seminar tersebut mewakili Gubernur Sulawesi Selatan untuk membacakan sambutannya sekaligus membuka Latihan Kepemimpinan Kader secara resmi.

Dalam pembacaan sambutannya, Gubernur Sulawesi Selatan menyampaikan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada PMKRI Cabang Makassar atas kepeduliannya membangun Sulawesi Selatan dalam konteks pembangunan manusia melalui kegiatan-kegiatan pembinaan.

Advertisement
BAGIKAN