TK Islam Khalifah Makassar III Berkunjung ke Peternakan Hewan Dompet Dhuafa

526

SULSELBERITA.COM - Gowa, TK Islam Terpadu Khalifah Makassar III berkunjung di Peternakan Dompet Dhuafa Macanda, Kabupaten Gowa sebagai langkah awal mengenalkan hewan kurban pada siswa menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Rabu (07/08/2019).

"Kegiatan bersama ini untuk mengajak anak-anak melihat dari dekat hewan kurban dan mengetahui sejarah berkurban yang merupakan perintah Allah SWT dan menjadi bagian dari berhaji," kata Supervisor Fundraising and Communication Dompet Dhuafa Rezkiani disela kegiatan visit kater dan sedekah qurban.

Advertisement

Dia mengatakan, kalau selama ini masyarakat hanya mengenal Dompet Dhuafa sebagai penyaluran zakat dan sadaqoh, maka perlu ditahui umum juga bahwa lembaga ini menyediakan hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha dan kampung ternaknya menjadi lokasi "edufarm" untuk mengetahui lebih dekat peternakan dan pertanian.

Berkaitan dengan peranannya itu, lanjut dia, pihaknya menerima sedikitnya 60 siswa TK IT Khalifah berkunjung ke kampung ternak Dompet Dhuafa.

Sementara itu, Ketua Yayasan TK IT Khalifah Makassar III Reza Maronie mengatakan, pentingnya sejak dini siswa diajarkan mengenal hewan kurban menjelang Idul Adha untuk memupuk kecintaan akan ajaran Agama Islam untuk berkurban dan bersedekah.

"Kunjungan di kampung ternak ini anak-anak diajarkan sedini mungkin untuk mengatahui jenis-jenis hewan qurban yang bisa di potong, memberi makan ternak dan memandikan serta melakukan sedekah untuk qurban," katanya.

Menanggapi kegiatan edukasi itu, salah seorang siswa TK Khalifah Makassar III Evi mengatakan, sangat senang berkunjung ke kampung ternak karena dapat melihat kambing dimandikan dan memberikan makan kambing langsung dari tangannya.

Apalagi diakhir kegiatan, lanjut dia, siswa dihibur oleh pendongeng ternama di Makassar yang akrab disapa Kak Nisa yang mengisahkan ketika Nabi Ibrahim As mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengurbankan anaknya Ismail As, namun kemudian diganti oleh Malaikat dengan hewan biri-biri yang sejenis kambing untuk disembelih.