Gubernur Sulsel Resmikan Kampong Kopi Bawakaraeng

0
540

SULSELBERITA.COM. Gowa - Yayasan Pensa Agromandiri bekerjasama dengan Kementerian dalam Negeri dan Ford Foundation, telah membuat sebuah gebrakan dan inovosi pemberdayaan petani kopi di 5 Kabupaten yang ada di Sulsel.

Yapensa yang di support oleh Ford Foundation telah memulai program pendampingan yang lebih mengarah pada pemberdayaan masyarakat telah memulai program ini sejak tahun 2013 yang lalu.

Dan hari ini Yapensa telah berhasil membangun sebuah kampung yang bernama Kampong Kopi Bawakaraeng, yang terletak di Bilayya, Kec.Pattallassang Kab.Gowa. Kamis, (20/6/2019).

Kampong Kopi Bawakaraeng ini, diresmikan langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang didampingi oleh Bupati Gowa.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel dihadapan ratusan masyarakat yang datang dari 5 kabupaten penghasil kopi di Sulsel mengatakan:

"Suplay kopi saat ini tengah menurun, sementara konsumsi meningkat, saya sangat berterimakasih atasĀ  kehadiran Ford foundation, saya berharap Ford Foundation bisa mensupport mulai dari hulu sampai ke hilir" Ujar Nurdin Abdullah.

Baca Juga  Bunda Paud Takalar Minta Orang Tua Berikan Perhatian Khusus pada Anak Anaknya

Lanjut dikatakan Nurdin Abdullah, "Saat ini minat generasi muda untuk menjadi petani makin menurun, makanya saya berharap ini bisa merangsang kembali agar generasi muda kita mau menjadi petani yang sukses lewat bertani dengan tekhnologi maju, untuk produksi kopi, mulai dari sekarang kita harus berpikir komoditas ekspor kopi kita dalam bentuk bahan jadi, minimal setengah jadi". ujarnya.

"Saya apresiasi kegiatan kampong kopi Bawakaraeng ini, bagaimana kita warga memiliki rasa bangga kepada bupati gowa, saya berharap kopi ini menjadi produk unggulan yang tidak boleh punah, karena kopi adalah salah satu dari tanaman konservasi". Tutup Nurdin Abdullah.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Furichta Iksan, mengatakan "Empat pilar pembangunanĀ  hadir di acara ini, saya berharap petani kopi makin sejahtera". Ujarnya.

Baca Juga  Dinas Pertanian Takalar, Siap Distribusikan 125.000 Ekor Bibit Ayam Kampung Pada 2.500 RTM

Saat ditanyakan apa support pemerintah Gowa terkait kehadiran kampong Kopi Bawakaraeng ini, Adnan mengatakan, "Kami akan mensupport dengan membantu membangun infrastruktur jalan akses ke sini". Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here