Polres Gowa Lakukan Pemeriksaan Urine Sopir Angkutan Umum, Ada Apa??

393

SULSELBERITA.COM. Gowa - Polres Gowa melalui Urkes bersama Satuan Narkoba dan Satuan Lalu Lintas menggelar pemeriksaan tes urine terhadap sejumlah supir angkutan umum, yang dipusatkan di Terminal Cappa Bungaya Kel. Mangalli Kab. Gowa, Senin (03/06) pagi.

Dalam pemeriksaan itu, Polres Gowa turut menggandeng Biddokkes Polda Sulsel, dan turut dihadiri oleh pihak Dinas Kesehatan Kab. Gowa, Dishub, serta PT. Jasa Raharja.

Advertisement

Kasat Narkoba Polres Gowa Akp Maulud menuturkan, pemeriksaan urine ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi adanya penyalahgunaan Narkotika di kalangan supir angkutan umum, terlebih saat ini memasuki momen mudik lebaran.

"Pemeriksaan urine ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat supir yang dibawah pengaruh Narkotika maupun Alkohol, sehingga masyarakat yang mudik menggunakan angkutan umum dapat sampai ditujuan dengan aman dan selamat," jelasnya.

Dari data yang dihimpun, pemeriksaan urine ini dilakukan terhadap 35 orang supir angkutan umum dan kondektur bus angkutan dalam provinsi, dimana dari hasil pemeriksaannya, tidak ditemukan supir yang terindikasi Narkotika maupun Alkohol.

"Alhamdulillah, dari sampel yang dilakukan pemeriksaan, seluruh hasilnya negatif mengandung Narkotika maupun zat berbahaya lainnya," ucap Akp Maulud.

Selain itu, para supir maupun penumpang juga diberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tensi / nadi serta pemberian vitamin.

Di tempat terpisah, Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi mengharapkan melalui pemeriksaan kesehatan ini diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan selama arus mudik lebaran. "Salah satu faktor terjadinya kecelakaan bisa disebabkan karena kondisi fisik sopir yang kurang prima, sehingga wajib diantisipasi," ucapnya.

ilham