Komunitas TASAMARA’ Kab.Takalar Sedekah Oksigen di Bulan Ramadhan

0
197

SULSELBERITA.COM. Takalar - Umumnya masyarakat mengisi Ramadhan dengan aktivitas yang menghemat pembuangan Kalori atau kegiatan yang tidak membutuhkan tenaga lebih.

Dan pada umumnya masyarakat memilih pergi ke pusat-pusat kuliner dan pasar untuk berburu kuliner atau takjil, nonton TV, membaca atau mengkhatam Al-Quran.

Tidak sedikit masyarakat yang memilih ke mall, belanja atau sekadar lihat-lihat dari satu gerai ke gerai lainnya.

Tapi lain halnya dengan Satgas Kebersihan, bersama Tim Buser atau Relawan TASAMARA' Kabupaten Takalar yang mengisi Ramadhan dengan tetap mengajak warga untuk bersih-bersih sambil bersedekah Oksigen untuk Bumi.

"Kami sama sekali tidak merasa kesulitan atau terkendala oleh aktivitas Puasa, karena kami menganggap bahwa membersihkan dan menjaga lingkungan adalah bentuk lain dari Jihad.. berperang melawan sampah" Tutur Muhammad Ilyas Tutu sambil tersenyum.

Baca Juga  Lakukan Sidak Hari Pertama Kerja, Plt Sekda Puji Kesadaran ASN Takalar

Istilah sedekah Oksigen cukup menarik untuk kita cermati bersama, kita semua tentunya memerlukan oksigen untuk bernafas. Manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan sangat bergantung kepada oksigen.

Oksigen merupakan anugrah yang Allah berikan kepada manusia dan seluruh makhluknya sebagai tanda cinta dan perhatian agar kita terus hidup di bumi ini. Namun keberadaan oksigen saat ini semakin memprihatinkan. Pemanasan global dan efek rumah kaca menjadi penyebab minimnya pasokan oksigen. Belum lagi penebangan pohon dan pembakaran sampah seperti yang marak dilakukan oleh Masyarakat kita. Dampak pemanasan global yang sudah kita rasakan seperti udara yang sudah tidak sejuk dan juga penuh debu,
kemudian akan terasa sangat gerah saat dihirup itu. Merupakan tanda dari tercemarnya udara di sekitar kita. Bagaimana cara  sederhana untuk mengatasi itu semua? Jawabannya, "Sedekah Oksigen"
Caranya bagaimana? "Sederhana dengan Mencintai lingkungan, tidak membuang sampah sembarang tempat dan Tanam Pohon. Dengan cara itu, kita sudah menjadi bagian dari penyelamat lingkungan. Apa sih sedekah oksigen itu? ya sesuai namanya, sedekah oksigen yaitu menyumbang oksigen dengan cara menanam pohon atau tanaman lainnya di sekitar rumah dan lingkungan.

Baca Juga  Selesai Traktir Ratusan Warga Makan Bakso, Ahmad Jais Bantu Perbaikan Jembatan di Dusun Kunjung Me

Sebuah pohon dewasa menghisap karbondioksida sebanyak kira-kira 24 kilogram setiap tahun. Sebagai pengganti pohon ini akan mengeluarkan oksigen cukup untuk dihisap 2 orang dewasa selama setahun penuh. Dalam setahun sebuah pohon kira-kira menghasilkan oksigen sekitar 130 kilogram.

Semakin banyak pohon di suatu daerah akan membuat kadar oksigen di area tersebut meningkat. Itulah yang menyebabkan terasa lebih segar dan nyaman menghisap udara di Kebun dibandingkan tempat lainnya yg tumbuhannya terbatas" jelas Dg Taco

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here