Kab.Takalar Jadi Tempat Study Banding Komisi II DPRD Kab.Sumenep

0
134

SULSELBERITA.COM. Takalar - Kabupaten Takalar kembali menjadi tempat studi banding dari kabupaten lain, hari ini Rabu, 15 Mei 2019 Komisi II DPRD dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep melakukan studi banding ke Kabupaten Takalar terkait rencana Pengembangan Agribisnis Sapi Potong di Kabupaten Takalar.

Rombongan diterima langsung oleh Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar. Dalam sambutan penerimaannya sekda menjelaskan letak geografis Kab. Takalar dan memperkenalkan potensi yang ada. Kab. Takalar juga mempunyai 9 Kecamatan dan memiliki 1 kecamatan Kepulauan yang baru terbentuk yaitu Kecamatan Kepulauan Tanakeke.

Sekda juga menjelaskan bahwa Ada 22 program Prioritas Bupati dan Wakil Bupati Takalar dan salah satu program prioritasnya yaitu Bantuan 1 sapi 1 KK. Selama pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati, sudah tersalurkan bantuan sapi kepada 322 KK yang sudah diberikan bantuan dan tahun 2019 ini akan merealisasi 3000 ekor sapi kepada 3000 KK, selain dibidang pertanin Kab. Takalar juga bertumpuh dari sektor perikanan.

Baca Juga  Ini Yang Dilakukan Cicu Pasca Pilkada

"Kedepan, Pemda Takalar berupaya agar Kab. Takalar menjadi wilayah destinasi wisata karena di topang berbagai garis pantai yang panjang dan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Semoga dengan upaya-upaya yang dilakukan pemda Kab. Takalar dapat meningkatkan IPM dan mendapatkan opini WTP dalam hal pengelolaan keuangan daerah serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat " jelas Sekda Takalar.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Kab. Sumenep Nur Salam selaku ketua rombongan dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan studi banding ini untuk belajar bagaimana cara Pemda Takalar memprogramkan 1 sapi 1 KK mengingat Kab. Sumenep merupakan kabupaten dengan populasi sapi terbesar tetapi belum memprogramkan 1 sapi 1 KK. Semoga dengan studi banding lapang ini Kab. Sumenep dapat juga membuat program visi dan misi yang berkaitan dengan memakmurkan masyarakat dengan program-program yang lain.

Baca Juga  Beginilah Kondisi Rumah Rido, Anak Yang Hidup Sebatang Kara

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep Bambang Herianto dalam sambutannya menyampaikan pemerintah Kab. Sumenep berada di ujung pulau madura dan terdapat 4 kabupaten, juga punya 126 kepulauan dan 27 Kecamatan dimana 18 ada didaratan dan 9 di kepulauan.

"salah satu potensi di bidang peternakan yaitu kab. Sumenep memiliki satu pulau yang merupakan populasi ternak terbanyak seindonesia raya. Untuk itu, kedatangan kami ingin belajar dari Kab. Takalar terutama visi misi Bupati dan Wakil Bupati Takalar terkait dengan Program 1 sapi 1 KK sehingga peternak di Kab. Sumenep menjdii Pilot Project untuk Kabupaten yang ada di Jawa Timur pada khususnya" pungkasnya

Diakhir acara di rangkaikan dengan penyerahan plakat dari Pemda Kab. Takalar kepada Ketua Kemisi II DPRD Kab. Semenep dan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep kepada Pemda Takalar dilanjutkan dengan penyerahan Cendramata dari Ketua Komisi II DPRD Kab. Sumenep kepada Pemda Takalar.

Baca Juga  Dg.Tutu Imam Desa Bontolanra Sebagai Imam Desa Teladan

Turut hadir Para staf ahli Kab. Takalar, Asisten Sekretariat Kab. Takalar, para kepala Dinas se-Kab. Takalar serta para Camat se-Kab. Takalar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here