Cegah DBD, Pegawai Puskesmas Pattoppakang Sisir Rumah Warga Lakukan Abatisasi

498

SULSELBERITACOM. Takalar - Musim penghujan yang sudah mulai tiba, biasanya berdampak pada berkembangnya nyamuk penyebab Demam Berdarah (DBD), menyikapi hal tersebut, Kepala Puskesmas Pattopakang, Ikhsan Muis Putra, SKM bersama beberapa pegawai dan staf menyisir Dua Desa di wilayah kerjanya, yakni Desa Laikang dan Desa Pattopakang, untuk melakukan Abatisasi Senin (14/1/2019).

Kepala Puskesmas Ikhsan bersama  petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling), petugas Promosi Kesehatan (Promkes), Bidan Pustu dan kader kesehatan tersebut, selain memberikan penyuluhan, Ikhsan juga memberikan Abate yang berguna untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang ada di penampungan air warga yang selama ini menjadi penyebab terjadinya DBD.

Dalam kegiatan tersebut, selain mendapat pengarahan tentang bahaya Penyakit DBD yang diakibatkan oleh nyamuk, sejumlah warga yang ditemui juga mendapatkan pengarahan dan penyuluhan dari kepala Puskesmas Pattoppakang dan pegawai, tentang bagaimana cara hidup sehat.

Baca Juga  Ada Apa Kasubag TU bersama Kasi Penmad Sinjai Gulung Karpet Masjid Raya Kecamatan Tellulimpoe

Hal ini mendapat dukungan positif dari warga setempat, seperti yang di jelaskan Daeng Ti’no warga Pattopakang, bahwa penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh Kepala Puskesmas Pattopakang tersebut, tujuannya sangat baik, selain diberikan pemahaman tentang hidup bersih dan sehat, juga mendapatkan Abate secara cuma-cuma.

“Selain itu Kepala Puskesmas juga mengarahkan kader kesehatannya agar rutin memeriksa kesehatan warga kemudian memberikan obat ketika ada keluhan penyakit,” jelas Daeng Ti’ro.

Ikhsan menjelaskan, bahwa kader kesehatan tujuannya untuk menyukseskan pembangunan nasional di bidang kesehatan dimana prisipnya masyarakat bukan obyek tapi subyek dari kesehatan.

Dalam hal ini masyarakat berperan aktif dan juga mempunyai tanggung jawab dalam menyukseskan pembagunan kesehatan.

“Disinilah kader kesehatan desa sangat penting untuk memberikan sosialisasi kepada kesehatan masyarakat perorangan dengan lebih megutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginnya,” ungkap Ikhsan.

Baca Juga  Kapolres Pangkep, Hadiri Pelantikan Ketua STAI DDI Pangkep
Advertisement
BAGIKAN