HAB ke-73, Kemenag Sulsel Ziarah ke TMP dan Anjangsana ke Panti Asuhan

259

SULSELBERITA.COM. Takalar - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-73, yang puncak acaranya jatuh pada Kamis 3 Januari 2019, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, dan anjangsana ke sejumlah Panti Asuhan, Rabu (2/1/19).

Ziarah ke Taman Makam Pahlawan dihadiri ASN Kanwil Kementerian Agama Sulsel, Balai Diklat Keagamaan Makassar, Balai Litbang Keagamaan Makassar, Kantor Kemenag Kota Makassar, dan UPT Asrama Haji Sudiang, dengan kegiatan upacara penghormatan dan tabur bunga, di makam pahlawan dipimpin Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel, Drs. H. Abdul Wahid, SH, MH., mewakili Kakanwil.

Usai ziarah dilanjutkan dengan anjangsana ke beberapa Panti Asuhan, di antaranya, panti asuhan Ar Rahman di Jl. Serigala Lr. 13 Makassar.

Baca Juga  Cegah Balap Liar, Personil Polsek Marbo Optimalkan Patroli Di Kawasan Tanggul Desa Topejawa

Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel, Drs. H. Abdul Wahid, SH, MH, dan Kepala Bidang PD. Pontren, H Faturrahman, SE, MM, serta Wakil Ketua Pengurus Dharma Wanita Kementerian Agama Sulsel, Ny. Hj Ratnah Wahid, dan beberapa pengurus lainnya nampak hadir pada acara itu. Kasi Kemasjidan Bidang Urais dan Binsyar H. Sawedi bertindak selaku pembaca doa.

Sementara itu Kamis (3/1/19) rangkaian acara peringatan HAB ditandai dengan upacara peringatan HAB, di ruang pola Kantor Gubernur Sulsel, Jl Urip Sumoharjo Makassar sebagai acara puncak, dengan inspektur upacara Gubernur Sulsel, Prof. Dr. H. Nurdin Abdullah, M.Agr., juga dilakukan pemberian hadiah lomba, pemberian hadiah kepada yang berprestasi, dan penyematan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden kepada ASN yang telah mengabdi 10, 20 dan 30 tahun.

Baca Juga  Pemerintah Desa Tompotana, Kembali Salurkan BLT-DD Tahap 3 TA.2020

Panti Asuhan Ar Rahman, seperti dituturkan pembina ibu Rahmatia, saat ini menampung sedikitnya 50 orang anak panti, terdiri laki-laki, dan perempuan. Panti asuhan ini menyelenggarakan pendidikan dan pembinaan setingkat pendidikan formal, dan diikutkan pada lembaga pendidikan seperti SD, SMP, dan SMA.

Kepala Bagian Tata Usaha dalam arahannya menyampaikan, momentum HAB Kementerian Agama menjadi washilah (media/ajang) bersilaturrahmi, dengan masyarakat termasuk beberapa panti asuhan yang merupakan agenda tahunan Kemenag Provinsi Sulsel, saat memperingati HAB.

‘’Ini adalah merupakan kepedulian Kemenag dengan memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita di panti asuhan,’’ kata Kabag TU seraya menambahakan bahwa kegiatan pemberian bantuan seperti ini, juga telah dilakukan terhadap saudara-saudara korban bencana alam, baik yang ada di Lombok, di Palu, maupun di beberapa tempat lainnya.

Baca Juga  Danrem 143/HO Serahkan Secara Simbolis 4.000 Bantuan APD

‘’Upaya ini juga menjadi keprihatinan Kementerian Agama Sulawesi Selatan, untuk terus berupaya meringankan beban penderitaan mereka yang tertimpa musibah,’’ jelasnya.

Kesempatan itu, Abdul Wahid berpesan, agar pengelola panti terus melaksanakan kegiatan pembinaan dengan baik, tentunya sesuai denga aturan, dan kaidah-kaidah dalam pengelolan panti, membina dan membangun generasi muda menjadi manusia yang bisa berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.

Adapun bantuan/bingkisan yang diberikan, selain berupa uang tunai, adalah berupa beras, telur, dan mie instan. (dir/arf/d,tola)

Advertisement
BAGIKAN