Dinas Kesehatan Kerjasama TP PKK Takalar, Lakukan IVA Test Serentak se Kabupaten Takalar

496

SULSELBERITA.COM. Takalar - Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan IVA test secara serentak diseluruh Puskesmas Kabupaten Takalar, Kamis (29/11/2018).

Pemeriksaan IVA ini disaksikan langsung oleh Ketua TP PKK Takalar Dr. Hj. Irma Andriani, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Takalar dr. Nilal Fauzia disalah satu Puskesmas di Takalar yaitu di Puskesmas Galesong Utara.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Nilal Fauzia menjelaskan bahwa IVA test ini merupakan inveksi visual dengan asam asetat yang dilakukan terhadap Wanita Usia Subur (WUS) tujuannya adalah untuk menurunkan angka ke sakitan dan angka kematian akibat kanker mulut rahim.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan minimal peserta sebanyak 5 orang setiap Puskesmas yang terinidikasi berdasarkan rujukan atau keterangan dari bidan atau dokter yang menangani pasien.

Baca Juga  Ini Pesan Bupati Takalar, Saat Pelantikan Anggota BPD se-Kec.Marbo

"Target Dinas Kesehatan dalam 5 tahun adalah 50 persen dari semua WUS dan akan kita laksanakan bertahap setiap tahun dengan target 10 persen disetiap wilayah Puskesmas.
Kegiatan ini sangat positif kami lakukan bersama dengan tim penggerak PKK sehingga dapat membantu terwujudnya capaian program," Jelas dr. Nilal Fauzia.

Lebih lanjut, dr. Nilal mengungkapkan jika dari hasil pemeriksaan sebelumnya terhadap sekitar 75 wanita , dua diantaranya positif mengidap kanker mulut rahim. Sedangkan beberapa orang menunjukkan gejala infeksi kanker mulut rahim.

"Dua orang positif terkena, jadi penanganannya berobat selama enam bulan. Setelah enam bulan kita minta kembali untuk periksa, kalau masih positif kita beri penanganan lebih lanjut," Tambahnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Takalar Dr. Irma Andriani disela-sela pemantauannya menyatakan mendukung penuh pemeriksaan IVA test ini, terlebih ini merupakan salah satu program kerja dari Pokja IV.

Baca Juga  Kapolres Gowa Bersama Forkopimda, Ikut Dukung Gerakan Ayo Gowa Bersih

"Penyakit kanker rahim ini salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, seyogyanya kita mendukung IVA test ini. Untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kematian dini di kalangan ibu-ibu. Dan IVA test ini merupakan salah satu program kerja dari Pokja IV," Jelas Hj. Irma Andriani.

Total 15 puskesmas di Kabupaten Takalar yang melaksanakan IVA test ini.

Advertisement
BAGIKAN