Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa di Takalar Dapat Pembekalan Secara Resmi

579

SULSELBERITA.COM. Takalar - Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. MM membuka secara resmi Pembekalan & Launching Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) di Gedung Islamic Centre Kab. Takalar, Rabu 17 Oktober 2018.

Bupati Takalar dalam membuka pembekalan tersebut mengatakan bahwa kader desa adalah pekerjaan yang mulia dan diakui oleh dunia internasional. Kader desa dibentuk untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dimasyarakat, seperti kader keamanan dibentuk untuk mengawasi keamanan disetiap dusun agar tindak kejahatan tidak terjadi sehingga masyarakat merasa aman.

"Ketiga kader ini sangat penting untuk menjadikan Kabupaten Takalar menjadi kabupaten yang layak untuk kunjungi karena sudah terjamin keamanannya, kesehatan dan kebersihannya. Untuk itu kita harus bersatu mewujudkan Takalar menjadi kabupaten yang sehat, aman dan nyaman" tegas Bupati Takalar.

Diakhir sambutannya beliau berharap dengan adanya ketiga kader ini dapat menjadi motivator, fasilitator didalam mensukseskan program di bidangnya masing-masing. Ketiga kader ini menjadi ujung tombak didalam menyukseskan program kesehatan, kebersihan dan program keamanan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Takalar Zubair, S. Sos. MM dalam laporannya melaporkan bahwa maksud dan tujuan dibentuknya Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa yaitu untuk menumbuhkan dan mengembangkan secara menggerakkan prakarsa, partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengendaliannya.

Dilaporkan pula bahwa peserta pembekalan & launching Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Tingkat Kab. Takalar Tahun 2018 adalah masyarakat desa yang telah melalui seleksi yang berjumlah sebanyak 730 orang pada seleksi tahap pertama yang terdiri dari kader kesehatan, kader kebersihan dan kader keamanan.

Launching ditandai dengan pemasangan rompi oleh Bupati Takalar kepada para perwakilan kader baik dari kesehatan, kader kebersihan dan kader keamanan.