Sambut Malam Syuro, Anak Anak Takalar Lama Ramaikan Ritual “Sidoe Sidoe”

603

SULSELBERITA.COM. Takalar - Berbagai kebiasaan masyarakat biasanya dilakukan sebagai ritual budaya pada malam syuro atau 10 muharram, mulai dengan ritual bubur syuro, ibadah khusus sampai dengan membeli prabot rumah tangga. hal ini sudah menjadi kebiasaan budaya tahunan masyarakat dalam menymbut 10 muharram.

Takalar lama sebagai salah satu wilayah yang masih kental dalam mempertahankan adat budaya tentunya memiliki berbagai budaya dalam memperingati 10 muharram, selain beberapa ritual budaya, ada 1 ritual tahunan dalam bulan muharram yang paling ditunggu oleh anak anak yaitu budaya " sidoe' sidoe'".

Pada kegiatan ini, biasanya ratusan  anak kecil bergerombol mendatangi rumah rumah tokoh masyarakat meneriakkan sidoe sidoe lalu tuan rumah keluar membagikan uang kepada ratusan anak anak yang berkumpul. biasanya mereka mendatangi rumah rumah tokoh masyarakat yang ada di Takalar lama.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Kelurahan Pa'bundukang Laksanakan Pengamanan Pendistribusian BPNT
Advertisement

Akib Mangung salah seorang tokoh masyarakat yang juga imam lingkungan Takalar Lama. mengatakan "Budaya ini sudah lama berlangsung di wilayah kami, bahkan orangtua saya saat masih kecil budaya ini sudah ada. Ini salah satu bentuk syukur atas apa yang Allah SWT berikan kepada kita selama setahun". Jelasnya (Sabtu, 30/8/2017).

Dilanjutkannya lagi "Memberikan kesenangan dan sedekah kepada anak anak kan merupakn sebuah pahal,  ini juga sebagai bentuk edukasi kepada kepada anak anak untuk senantiasa berbagi kepada sesama dalam kehidupan sosial kita, sehingga bisa memotifasi mereka ketika mereka dewasa nantinya untuk senantiasa bersedekah dan berbagi kepada sesama" Kunci Imam lingkungan Takalar Lama ini.

Advertisement
BAGIKAN