Pimpin Rapat Pokja Pengelolaan APBD, Pj. Bupati Perkuat Kinerja dan Sinergi dalam Peningkatan Pengelolaan Pendapatan Daerah

25

SULSELBERITA.COM. Takalar - 24 Juni 2024. Salah satu indikasi penyelenggaran Pemerintahan Daerah yang baik adalah bagaimana pemerintah daerah mengelola keuangan sendiri secara maksimal, baik di sisi pendapatan maupun belanja daerah, hal itu diungkapkan Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg didampingi Plh. Sekda Takalar Drs. Rahmansyah Lantara, M.Si dalam memimpin Rapat Pokja Pengelolaan APBD tahun 2024 di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Takalar, Senin 24 Juni 2024.

Dalam arahannya, Pj. Bupati mengatakan bahwa dalam peningkatan kapasitas pendapatan perlu ada manajemen sehingga pendapatan ditiap-tiap OPD dapat meningkat begitupun dengan belanja daerah, bagaimana serapan belanja daerah betul-betul kita alokasikan untuk tepat sasaran sehingg lebih efisien, efektif dan lebih produktif. Dengan cara seperti ini, kita dapat mengoptimasi APBD kita.

Advertisement

"Saya berharap reviu progress dan kinerja manajemen pendapatan daerah secara reguler pada tahun anggaran berjalan guna melihat permasalahan faktuak yg dihadapi dan alternatif solusinya. Juga perencanaan yang baik apa yang akan dilakukan pada tahun 2025 supaya pendapatan kita meningkat kapasitasnya" Tutup Dr. Setiawan.

Dikesempatan yang sama, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab. Takalar Rusdi S.Sos,.M.Si menjelaskan bahwa rincian realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah 1 januari s/d 22 juni Tahun 2024 terjadi peningkatan APBD dari tahun 2023 ke tahun 2024.

"Kalau kita lihat dari nilai keseluruhan dari tahun 2023 ke tahun 2024 memang mengalami kenaikan, akan tetapi dari pajak dan retribusi ini terjadi penurunan. Oleh karena itu, kami dari Bapenda memerlukan kerjasama dari semua stakeholder, khususnya untuk penarikan pajak dan retribusi demi peningkatan APBD tahun 2024. Ucap Kepala Bapenda.

Hadir dalam rapat tersebut Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kab. Takalar di Dampingi Kepala Bidang masing-masing.