Koordinasikan Rencana Baksos PDPI Sulsel di Selayar Wabup Pimpin Rakortas di Rapim

14

SULSELBERITA.COM. Selayar - Rapat koordinasi terbatas (Rakortas) persiapan penyelenggaraan bakti sosial (baksos) pelayanan pemeriksaan kesehatan paru, persatuan dokter paru Indonesia (PDPI) Sulawesi Selatan, dibuka dan dipimpin Wakil Bupati Kabupaten Selayar, Sulsel, H. Saiful Arif, SH, di ruang rapat pimpinan (Rapim) kantor bupati, Jum'at, (16/02) sore.

Rapat koordinasi terbatas (Rakortas) dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda, Ir. Muh. Yunan Krg Tompo Bulu, ST., MT., IPM, Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) KH. Haiyung, dr. Hazairin Nur, Sp.B.,FICS, kepala dinas kesehatan, dr. H. Husaini, M. Kes, kepala bagian (Kabag) Umum dan Protokoler (Umpro) Andi Muhammad Awaluddin, S.AP, dan Camat Benteng.

Ketua persatuan dokter paru Indonesia Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sulselbarra) dr. Arif Santoso, Sp. P (K) Ph.D., FAPSR menjelaskan "giat pelayanan kesehatan gratis akan difokuskan pada layanan pemeriksaan kesehatan paru dan layanan sehari spesialis paru".

Kegiatan ini direncanakan akan melibatkan kurang lebih enam puluh (60) sampai delapan puluh (80) orang dr spesialis paru.

Untuk peserta seminar dan workshop tenaga kesehatan akan disesuaikan dengan kapasitas ruangan.

Sementara untuk kegiatan senam paru sehat dan jalan sehat diharapkan akan menyerap peserta dari lapisan masyarakat umum", selanya di hadapan peserta rakortas yang dipimpin wabup.

Kegiatan work shop, seminar, dan symposium kata dia, akan dibagi atas empat sesi yang terdiri dari workshop kesehatan paru, symposium kesehatan paru, symposium management of acute pulmonary infection dan symposium screening and management in lung cancer.

Kegiatan baksos ini juga akan diisi dan dimeriahkan dengan penyelenggaraan penyuluhan smoking censation & co analyzer.
dr. Arif Santoso berharap, kegiatan symposium management of acute pulmonary infection dan symposium screening and management in lung cancer dapat melibatkan dr, dan tenaga kesehatan intensif berstatus magang, bidan, perawat rumah sakit, puskesmas, poskesdes, serta puskesmas pembantu (Pustu) daratan dan kepulauan, urainya.

Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) KH. Haiyung, Benteng, dr. Hazairin Nur, Sp.B.,FICS, mengemukakan, "untuk mendukung maksimalisasi kegiatan pemeriksaan kesehatan paru, pihak Rumah Sakit Umum (RSU) KH. Haiyung siap memberikan fasilitasi bantuan peralatan, ruangan, dan fasilitas laboratorium dalam pelaksanaan layanan screening pemeriksaan kesehatan paru.

Lokasi kegiatan ramah tamah pemda, gerak jalan sehat, dan senam paru sehat akan dikoordinasikan lebih lanjut menjelang hari H kegiatan, melalui bagian umpro setda. Dukungan terhadap pelaksanaan bakti sosial persatuan dokter paru Sulselbarra disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Ir. Muh. Yunan Krg Tompo Bulu, ST., MT., IPM yang meminta bagian Umpro untuk menfasilitasi pembuatan kupon doorprize.

Selain itu, pihaknya juga meminta bantuan kerjasama Dinas Perhubungan untuk bisa memprioritaskan rombongan dr paru yang akan menyeberang melalui pintu pelabuhan Bira-Pamatata.

Koordinasi dengan kepala dinas pendidikan nasional (Diknas) kabupaten dan Diknas Wilayah VI dititipkan wabup H. Saiful Arif, SH untuk dikontak melalui bagian umpro dan memastikan pelibatan peserta anak didik di kota Benteng dalam pelaksanaan kegiatan senam paru dan jalan sehat, begitu pula halnya dengan pelibatan elemen organisasi perangkat daerah. (Fadly Syarif).