Peringatan Hari Jadi ke-64, Takalar Terima Bantuan 22 Milyar

1453

SULSELBERITA.COM. Takalar -  10 Februari 2024. Peringatan Hari Jadi Kab. Takalar ke-64 tahun 2024 digelar dalam sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Takalar, di Lapangan Kantor Bupati Takalar, Sabtu 10 Februari 2024.

Pj. Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si yang hadir langsung diperingatan HUT Takalar mengatakan bahwa saya sangat mengapresiasi pemerintah daerah bersama Ketua DPRD dan Anggotanya karena kekompakannya dalam membangun daerah ini.

Advertisement

"Saya sangat terkesan dengan inovasi dari pemerintah daerah takalar yaitu bumdesma karena membangun usaha ekonomi itu harus diorganisir. Tentunya investasi/usaha ini akan jalan kalau ada bahan baku alam yang bisa diolah menjadi industri baik hasil perikanan peternakan maupun hasil dibidang pertanian sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah"jelasnya.

Pj. Gubernur percaya, dengan kerjasama pemerintah daerah bersama stakeholder dapat membangun takalar menjadi lebih maju dan siap menuju indonesia emas 2045.

Penjabat (PJ). Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev. Plg dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema hari jadi tahun ini "Takalar Damai, Maju dan Beradab". Tema kali ini, sangatlah tepat kiranya kita mengenang kembali akan sejarah perjuangan para pendahulu kita.

"Kita perlu mengenang dan mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa kita, untuk mendorong dan motivasi kita semua dan sama-sama bekerja, bahu membahu, dalam mengisi dan melaksanakan pembangunan disegala bidang kehidupan sebagai wujud nyata meneruskan cita-cita para pendahulu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing, baik di jajaran pemerintahan maupun masyarakat sesuai kapasitas, kewenangan dan kemampuan yang kita miliki” Ujarnya.

Dr. Setiawan berharap kolaborasi dan kerjasama semua pihak dalam memajukan takalar kedepan dan kelemahan yang ada dapat diperbaiki. Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Takalar demi kesejahteraan masyarakat.

Pada peringatan hari jadi takalar ini berbagai rangkaian dilaksanakan seperti ditampilkannya tari paddekko dan penyerahan beberapa bantuan dari Pj. Gubernur Sulsel kepada Pemerintah Kab. Takalar seperti penyerahan 1000 bibit sukun, dan penyerahan bantuan dari Kementerian Sosial RI berupa Atensi alat bantu Aksebilitas & Pemenuhan Hidup Layak sebesar Rp. 287.940.000.

Selain itu, juga diserahkan bantuan lanjutan pembangunan penahan gelombang di PPI beba tahap 2 sebesar Rp.15.549.000.000, bantuan rumah ikan dasar, terumbu buatan & tambahan perahu sebesar Rp.6.747.394.800. Dengan total senilai Rp.22.296.394.800. Juga diserahkan bantuan CSR dari Bank Sulselbar berupa pengadaan bak kontainer sampah & motor sampah.

Pemerintah Kab. Takalar juga mendapatkan bantuan blanko KTP elektronik sebanyak 4000 keping untuk pemilih pemula dan penyerahan bantuan beras reguler pemerintah dan Bufferstok penanganan bencana di takalar senilai Rp.186.453.000.

Pada peringatan HUT Takalar ini juga ditandai dengan penandatangan komitmen bersama tentang peningkatan ekonomi masyarakat desa melalui pembentukan dan pengembangan badan usaha milik desa bersama (Bumdesma) antara pemerintah daerah Kab. Takalar dengan enam kepala desa di Kab. Takalar dilanjutkan penandatanganan prasasti peresmian proyek 2 tahun anggaran 2023 oleh Pj. Gubernur Sulsel.

Peringatan Hari Jadi Takalar ke-64 dihadiri Forkopimda Sulsel, Ketua dan Anggota DPRD Sulsel, para Kepala Dinas Prov. Sulsel, para Kepala Dinas Kota Makassar, Ketua dan Anggota DPRD Takalar, Forkopimda Takalar, Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Para Kepala Badan, Kepala Dinas Lingkup Kab. Takalar, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kepemudaan, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Takalar.