KPU Selayar Rampungkan Pendistribusian 780 Kotak dan 624 Bilik Suara Pemilu Serentak 2024

7

SULSELBERITA.COM. Selayar - Total tiga unit armada kapal rakyat yang mengangkut logistik pemilu serentak 2024 digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selayar, Sulawesi Selatan dalam kegiatan distribusi logistik ke lima wilayah kecamatan pulau.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Selayar, Andi Dewantara, SH mengutarakan, tiga unit armada kapal yang diamanahi mengangkut kebutuhan logistik pemilu serentak tahun 2024, telah menuntaskan dan menunaikan tugas pendistribusian logistik pemilu ke lima wilayah kecamatan pulau dengan menyisir total sepuluh wilayah desa pulau yang tersebar di Kecamatan Pasimasunggu, Takabonerate, Pasimarannu, dan Pasilambena.

Advertisement

Tugas pendistribusian logistik pemilu dituntaskan awal KM. Tunggal Panaluang yang bertolak meninggalkan Pelabuhan Pattumbukang, hari, Rabu, (7/1) pagi menuju Pulau Kayuadi, Kecamatan Takabonerate.

Distribusi logistik hari kedua ditunaikan KM. Tunggal Panaluang dengan menyisir Pulau Jinato, Rajuni, Latondu, Tarupa, Pasitallu, dan Tambuna.

Pulau Tarupa dan Tambuna, disisir KM. Tunggal Panuluang, hari, Jum'at, (9/1) pagi.

Lebih lanjut Andi Dewantara menguraikan, dua armada kapal lain yang terdiri dari KLM. Nur Aila dan KLM. Bonerate Jaya, lepas tali di Pelabuhan Pattumbukang, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, hari, Kamis, (8/1) subuh.

KLM. Nur Aila, tiba di Pelabuhan Benteng Jampea, hari, Kamis, (8/1) pagi, usai menempuh perjalanan laut, selama kurang lebih tiga jam.

Perjalanan laut menuju Pulau Bembe, Desa Tanamalala, dilanjutkan, KM. Nur Aila, usai membongkar dan menurunkan kebutuhan logistik pemilu untuk wilayah desa kecamatan daratan, Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur.

Kebutuhan logistik pemilu, Kecamatan Pasimarannu, diberangkatkan pada hari yang sama dengan menumpagi KLM. Bonerate Jaya yang berlabuh di pesisir pantai Dusun Miantu'u, Desa Lamantu, Kecamatan Pasimarannu, hari, Kamis, (8/1) siang.

Logistik Pemilu Kecamatan Pasimarannu didaratkan dengan bantuan armada perahu jolor di Pesisir Pantai Dusun Miantu'u, Desa Lamantu, karena faktor cuaca buruk yang menyebabkan KLM. Bonerate Jaya, tidak dapat masuk dan bersandar di Pelabuhan Bonerate.

Camat Pasimarannu, Syamsil, S. Sos yang dihubungi terpisah oleh wartawan, mengutarakan, "setelah didaratkan dengan menggunakan bantuan armada perahu jolor, seluruh logistik pemilu langsung diangkut dan diamankan ke sekretariat PPK dengan pengawalan ketat aparat keamanan gabungan dari Mako Polres Selayar, Kodim 1415/Selayar, Polsek, dan Koramil Pasimarannu, Satpol PP, serta personil Hansip".

KLM. Bonerate Jaya sempat home base di Kecamatan Pasimarannu, selama satu malam karena faktor cuaca ekstreme yang menyebabkan kapal tidak dapat melanjutkan perjalanan pelayaran menuju Pulau Kalao toa, pada hari, Kamis, (8/2).

Perjalanan baru dilanjutkan hari, Jum'at, (9/2) pagi. Camat Pasilambena, Andi Irwan, S.Pd., MM yang dikonfirmasi wartawan hari, Sabtu, (10/2) dini hari menguraikan, Alhamdulillah, logistik pemilu sudah tiba di Kecamatan Pasilambena, hari Jum'at, (9/2) pagi, sesuai skema dan time schedulle".

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Andi Dewantara memaparkan, dengan tibanya seluruh armada kapal yang mengangkut logistik pemilu serentak 2024, maka tugas KPU bersama segenap jajaran penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan panitia pemungutan suara (PPS) wilayah kecamatan pulau telah tertunaikan dengan baik dengan terdistribusinya tujuh ratus delapan puluh kotak suara bersama enam ratus dua puluh empat bilik suara untuk lima wilayah kecamatan pulau, pungkasnya. (Fadly Syarif)