Mahasiswa Posko 2 PBL III FKM Unhas Laksanakan Evaluasi Intervensi Kesehatan Sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Pencapaian SDGs di Kelurahan Bonto Perak

103

SULSELBERITA.COM - PANGKEP,  Mahasiswa Posko 2 Praktik Belajar Lapangan III (PBL III) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan kegiatan seminar akhir di Kelurahan Bonto Perak, Kecamatan Pangkajene, Senin (26/06).

Pelaksanaan PBL III  sebagai bentuk pelaporan atas evaluasi program intervensi yang telah berlangsung selama 12 hari terakhir.

Seminar akhir bertujuan untuk memaparkan hasil evaluasi intervensi program yang sebelumnya telah dilaksanakan pada saat PBL I dan PBL II.

Rangkaian kegiatan PBL ini secara tidak langsung berhubungan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada tujuan ke-3 yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

Kegiatan seminar akhir dihadiri oleh perwakilan Kepala Lurah Bonto Perak, ketua RT/RW se-Kelurahan Bonto Perak, Majelis Taklim Bonto Perak, Karang taruna, Remaja Masjid, masyarakat Bonto Perak, serta seluruh anggota posko 2, yaitu Aisyah Apsah Amiruddin, Devi Amalia, Suci Aulia Galman, Nabilah, Widya Nanda Sukardi, dan Rahmah Dini Irhamna Paradita, turut hadir dalam kegiatan ini.

Hasil evaluasi intervensi menunjukkan bahwa intervensi non-fisik, seperti penyuluhan literasi kesehatan digital, edukasi pengelolaan sampah, dan pencegahan anemia dianggap berhasil. Begitu pun dengan intervensi fisik, seperti pembagian kalender edukatif terkait literasi kesehatan digital, tablet tambah darah dan ular tangga edukatif terkait pencegahan anemia. Hanya saja, intervensi fisik masih memerlukan beberapa rekonstruksi dalam prosesnya.

“Kami berharap hasil evaluasi intervensi kesehatan yang telah dilakukan selama dua pekan terakhir dapat membawa dampak positif hingga esok hari dan seterusnya. Hal ini agar dapat terus menumbuhkan sikap sadar akan pentingnya kesehatan. Langkah-langkah kecil seperti ini jelas dapat mendukung pencapaian SDGs utamanya pada tujuan ke-3, yaitu tercapainya kehidupan sehat dan sejahtera.” Ungkap Widya Nanda Sukardi, selaku Koordinator Kelurahan.

Tidak hanya itu, Koordinator Kelurahan Posko 2 PBL III FKM Unhas, Widya Nanda Sukardi mewakili teman-teman posko juga menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung penuh kegiatan PBL III tersebut.

Oleh : Nabilah / Mahasiswa PBL III FKM UNHAS