Forum Genre Sulsel Jelajah Edukasi Remaja

141

SULSELBERITA.COM.Bone- Sabtu, 10 Juni 2023, Forum Generasi Berencana (Genre) Sulawesi Selatan Bidang KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) telah melaksanakan kegiatan “Jelajah Genre” yang di laksanakan di Kabupaten Bone. Arinil Hidayah Bur, selaku Koordinator bidang KIE dan seluruh pengurus forum Genre Sulawesi Selatan merancang dan melaksanakan program kerja tersebut dengan tujuan memberikan pelatihan terkait Substansi Genre kepada remaja sehingga remaja mampu merencanakan masa depan dan melewati transisi remaja dengan baik.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan dibagi atas lima wilayah yang melibatkan forum genre kabupaten/kota terpilih sebagai tuan rumah. Arianti, selaku ketua panitia program kerja ini mengatakan bahwa program di selenggarakan di lima kab/kota. Wilayah titik pertama yakni Kota Parepare yang menghadirkan tujuh kab/kota yaitu Kab. Barru, Kota Makassar, Kab. Luwu Utara, Kab. Enrekang, Kab. Pinrang, Kota Parepare dan Kab. Pangkep. Selanjutnya, wilayah titik kedua dilaksanakan di Kab. Takalar yang menghadirkan delapan PIK remaja dan forum Genre kab.Takalar. Kemudian, untuk wilayah titik ketiga dilaksanakan di kab. Gowa yang di hadiri oleh 15 PIK remaja yang ada di kab. Gowa, serta pengurus forum Genre kab. Gowa. Selanjutnya, wilayah titik keempat dilaksanakan di Kab. Maros yang di hadiri oleh PIK remaja dan forum genre Kab. Maros. Terakhir, wilayah titik kelima dilaksanakan di Kab. Bone yang di hadiri oleh PIK remaja Kab.Bone, Forum Genre Kab. Sinjai, Kab. Bulukumba, dan Kab. Wajo, serta pengurus forum genre kab. Bone.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan materi tentang Stunting dan Gizi Seimbang, Kesehatan Reproduksi, Triad KRR, SDGs (Sustainable Development Goals), MYP (Meaningfull Youth Participation), Pendidik Sebaya dan Konselor sebaya, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi remaja, Life skill, dan Modul Tentang Kita. Aida Ramadhani Amir, selaku ketua forum Genre Sulawesi Selatan bersama Pembina Forum Genre Sulawesi Selatan, Ibu Yusitriani dan Ibu Irmawahyuni Bachtiar, juga turut hadir dalam kegiatan Jelajah Genre terakhir yang dilaksanakan di Kab. Bone. Kegiatan ini diharapkan bisa terus berlanjut di kepengurusan selanjutnya, tutup Aida.