7,5 Ton Benih Padi Gratis, Dibagikan pada 40 Kelompok Tani di Takalar oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura

97

SULSELBERITA.COM. Takalar, Harian Tempo Com –
Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) kabupaten Takalar menyalurkan sebanyak 7,5 ton benih padi secara gratis.

Bibit padi varietas Mekongga diserahkan kepada 40 kelompok tani binaan DTPHPKP yang tersebar pada enam kecamatan dikabupaten Takalar, di Kantor DTPHPKP, Jumat (11/11/2022).

Advertisement

Benih yang diserahkan berasal dari petani penangkar binaan DTPHPKP Kelompok Tani Minasa Te’ne di Desa ko’mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara.

Kepala Dinas DTPHPKP H. Abd. Haris menyampaikan bahwa benih gratis untuk masyarakat berasal dari APBD II dalam rangka meningkatkan produksi padi pada musim tanam pertama.

Jumlah yang diserahkan, Kata Kadis DTPHPKP masih sangat jauh dibandingkan dengan kebutuhan benih untuk satu kali musim tanam sekitar 320 ton.

“Ini masih sangat jauh dari kebutuhan benih masyarakat tetapi kami terus berusaha untuk meningkatkan produksi sehingga masyarakat bisa merasakan bantuan benih dari Pemkab Takalar sepenuhnya,” Jelas H. Abd. Haris.

Meskipun demikian, Ia berharap masyarakat yang menerima bantuan benih gratis memanfaatkan dengan baik, dan masyarakat yang belum menerima untuk bersabar menunggu giliran.

“Semoga bantuan ini menjadi berkah, dan mari sama-sama berdoa agar tahun depan jumlahnya bisa bertambah melalui perbanyakan penangkaran benih agar semua bisa mendapatkan benih ini,” pungkasnya.

Untuk penyerahan secara simbolis benih diserahkan kepada 5 kelompok tani diantaranya Kecamatan Sanrobone Poktan Toddopuli, Kecamatan Mangarabombang Poktan Jati Makmur, Kecamatan Polongbangkeng Selatan Poktan Appakatojeng, Kecamatan Polongbangkeng Utara Poktan Kutulu, dan Kecamatan Pattalassang Poktan sombala