Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UNM Gelar Seminar Secara Daring dan Luring

26
Advertisement

SULSELBERITA.COM. Makassar – Dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar dan Unit Pelayan Teknis Bimibngan dan Konseling Universitas Negeri Makassar serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM bekerja sama dengan Forum Anak Hasanuddin Tamalajjua Kabupaten Gowa dibawah Kordinasi Dinas Pelindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Kab. Gowa dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Jumat (28/10/2022).

Pelaksanaan seminar berlangsung secara daring dan luring selama 2 hari pada tanggal 28-29 November.

Pelaksanaan PKM ini terdiri dari tiga bentuk kegiatan yang pertama “Pelatihan Bimbingan Life Skill” yang dikordinatori oleh Drs. Muhammad Anas, M.Si dan Akhmad Harums,
S.Pd., M.Pd. Kegiatan PKM yang kedua adalah “Pelatihan Edukasi Pencegahan Pernikahan Anak” yang dikordinatori oleh Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd dan Suciani Latif, S.Pd., M.Pd. Kegiatan PKM ketiga adalah “Bimbingan Karir Masa Depan” yang dikordinatori oleh Dr. Abdullah SInring, M.Pd dan Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd.

Baca Juga  Terapkan Wajib Penggunaan Masker, Tripiki Tinggimoncong Lakukan Sosialisasi Ke Masyarakat
Advertisement

Seminar dibuka oleh Ketua UTBK UNM, Bapak Dr. Abdullah Sinring, M.Pd.

“Pengembangan life skill dan mencegah pernikahan anak tentunya menjadi upaya yang penting dalam membantu anak suskses di masa depan. Apalagi selama Pandemi covid-19 ini, pernikahan anak semakin meningkat dan menjadi PR bagi dunia pendidikan termasuk masalah rendahnya life skill dalam belajar mengakibatkan anak mengalami stress belajar selama study from home (SFH). Oleh karena itu, dengan kami berharap upaya mencegah pernikahan anak, dan bimibngan life skill menjadi beberapa upaya dalam mendorong kesuksesan anak dimasa depan.” Ucap Abdullah dalam sambutannya.

Drs. Muhammad Anas, M.Si., selaku Ketua Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makasar mengatakan bahwa acara yang dihelat sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan hasil deseminasi dari penelitian dosen di PT dan dilaksanakan untuk mendorong pengembangan pribadi social bagi peserta didik khususnya pada pengurus forum anak, sehingga mereka dapat menularkan kegiatan positive bagi lingkungannya. Kegiatan PKM ini dihadiri oleh pengurus forum anak yang terdiri daro 78 peserta dari berbagai sekolah SMP dan SMA di Kabupaten Gowa.

Baca Juga  Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pemdes Bontosunggu Bersama Karang Taruna Gelar Karnaval

Kegiatan PKM ini disambut dengan antusias tinggi dari anak-anak forum FAHASTA Gowa yang tindak lanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan bimbingan life skill, pra-nikah dan karir masa depan secara luring oleh mahasiswa MBKM Program Kemanusiaan di Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Makassar.

BAGIKAN