PC IMM, Gelar Dialog Kewirausahaan Bersama HIPMI KONSEL

29

SULSELBERITA.COM, KENDARI,Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Kendari (PC IMM)gelar Dialog Kewirausahaan bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Konawe Selatan(HIPMI KONSEL)

yang bertempat di Warkop Ambalat kendari pada tanggal (25/09/21).

Ketua Hipmi Konawe Selatan Dirga Mubarak hadir dalam Dialog tersebut sebagai Narasumber Kewirausahaan.

Dirga sapaannya menjelaskan,menggeluti dunia wirausaha tidak semudah kita membolak balik telapak tangan,namun harus diperjuangkan dengan niat, mindset dan tentu juga disertai ikhtiar yang kuat tuturnya.

Pihaknya mengatakan,saya sangat mengalami awal-awal tantangan dalam hal memulai bisnis,saya memiliki niat besar untuk keluar pada zona nyaman dikehidupan keluarga saya,saya ingin menjadi pribadi mandiri yang mampu menghidupi diri sendiri,keluarga ataupun orang lain,ucapnya pada tanggal 25/09/21.

Lanjut Dirga, saya berikan poin-poinnya untuk pemuda dan mahasiswa.Nabi Muhammad SAW bersabda : Berdagang lah kamu karena 9 dari 10 pintu rejeki ada di perdagangan, Motivasi ini yg menjadikan alasan kenapa terjun ke dunia usaha,Ucapnya.

Kalau kita perhatikan banyak tokoh muslim yg menjadikan perdagangan sebagai salah satu penopang hidup mereka, sebut saja salah satunya khalifah pertama dari khalifah khurasyidin, abu bakar yg memiliki usaha dagang pakaian.tuturnya.

Pihaknya menjelaskan, berdasarkan data global interprenership index 2019, Indonesia masuk peringkat 74 dari 137 negara setara dengan Vietnam dengan rasio kewirausahaan 3.47%. Dengan adanya laporan tsb artinya rasio kewirausahaan Indonesia masih rendah.

Lanjutnya, para lulusan sekolah dan perguruan tinggi harus mengubah pola pikir/mindset, setelah lulus tidak mencari pekerjaan tetapi membuka lapangan pekerjaan, pemuda dan mahasiswa harus mengubah mindset atau pola pikir dari pencari kerja menjadi pencipta kerja. Karena Bertambahnya wirausaha dari kalangan pemuda melalui pemberdayaan ekonomi rakyat diharapkan bisa memecahkan masalah pengangguran dan kemiskinan sosial,tegas Dirga.

Pada kesempatan lain salah satu mahasiswa penyandang disabilitas bertanya terkait peluang bagi para disabilitas.Dirga Mubarakpun menjawabnya, pada intinya jangan berkecil hati karena setiap orang diciptakan dengan kelebihan. Banyak tokoh-tokoh dunia yang penyandang disabilitas salah satu contohnya Steve Job yang punya disklesia atau Stevie Wonder pianis dunia yg merupakan seorang tunanetra.Pungkasnya.

Tegas Dirga, saya akan memberikan Jurus Jitu atau trik terbaik kepada siapapun yang hadir dikesempatan ini,kata dia.

Lanjutnya, ini 10 jurus kewirausahaan berdasarkan pengalaman saya selama ini :
1. Setting mindset kita untuk menjadi pengusaha
2. Kenalin potensi diri kita
3. Berani untuk memulai
4. Focus & konsisten terhadap usaha yg kita lakukan
5. Jgn merasakan takut gagal, atau menghadapi problem. Setiap problem pasti ada solusi nya. Focus terhadap solusi.
6. Perbanyak ngupi. Rajin2 silaturahmi, karna rejeki muncul dari silaturahim. Membangun jaringan atau networking
7. Komitmen
8. Bisa beradaptasi dengan kondisi apapun karna dunia usaha itu dinamis
9. Laksanakan Shalat Dhuha dan Sedekah
10. Serta selalu Bersyukur pada sang Khaliq.

Jurus Jitu ini merupakan kunci utama membawa kalian berhasil dalam dunia wirausaha,olehnya itu pemuda dan mahasiswa harus siap memulai dan memulai.tutupnya.

Laporan ( Ardianto )