KEJAR MIMPI Makassar X Sikola Cendekia Pesisir “Mimpi anak Pesisir”

12

SULSELBERITA.COM. Pangkep, — Pendidikan merupakan hak semua manusia, tetapi tidak semua manusia mempunyai kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan. Masyarakat di daerah pesisir misalnya, umumnya memiliki kualitas pendidikan yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan masyarakat di daerah non pesisir.

KejarMimpi Makassar merupakan komunitas sosial kepemudaan yang tahun ini berfokus pada pilar Pendidikan, menggandeng komunitas Sikola Cendekia Pesisir untuk melakukan program “Mimpi Anak Pesisir” yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat pesisir, serta menyebarkan inspirasi dan motivasi di pulau terpencil.

Dari informasi yang diterima sulselberita.com, mimpi Anak Pesisir ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 27-29 Agustus 2021 lalu di Pulau Kapoposang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Dok. Antusiasme anak anak Pulau Kapoposang Pangkep dalam mengikuti Kegiatan “KejarMimpiMakassar”

Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan semangat belajar anak-anak di daerah pesisir baik dari sisi pendidikan secara umum dan juga bagaimana cara menjaga lingkungan hidup di sekitar mereka. Hal ini diwujudkan dengan rangkaian kegiatan yang seru seperti Kelas Mimpi, Pohon Mimpi, Bersih-Bersih Pantai, Penanaman Pohon, dan juga sosialisasi bersama masyarakat sekitar terkait pentingnya pendidikan untuk masa depan.

Baca Juga  Usai Sholat Jum'at, Kapolsek Mappakasunggu Berikan Himbauan Kamtibmas Kepada Jamaah

“Kegiatan Mimpi Anak Pesisir ini seru dan keren banget! Ekspektasi saya yang bakal ngajar, eh ternyata saya yang belajar! Bener-bener dapat banyak pengalaman baru! Masyarakatnya ramah-ramah, anak-anaknya antusias belajar, dan kebanyakan anak-anaknya bercita-cita menjadi seorang guru dan dokter”, ucap kak Uchoi, Staff of Social Media Development KejarMimpi Makassar, sekaligus pengajar Kelas Mimpi untuk kelas 4-6 SD.

Selain itu Kepala Sikola dari Sikola Cendekia Pesisir yang akrab disapa Kak Opek juga menilai bahwa “media dan metode pembelajaran yang diterapkan dalam pelaksanaan program ini sudah cukup sesuai untuk diterima oleh anak-anak pesisir.”

#MariBerlayarMariBerbagi seperti yang Sikola Cendekia Pesisir gemakan, kami berharap apa yang kami lakukan selama di Pulau Kapoposang bersama KejarMimpi Makassar dapat berdampak yang baik bagi anak-anak pesisir dan hal ini menjadi salah satu kontribusi anak bangsa di bidang Pendidikan untuk Negeri”.

Baca Juga  Rute Panjang dan Terjal, Tak Mampu Menghalangi Niat Kapolsek Manuju untuk Sambangi Pembuat Gula Merah di Wilayahnya, ini Tujuannya
BAGIKAN