Makanan Enak Ibu, UMKM Baru di Masa Pandemi

31

SULSELBERITA.COM. ARTIKEL – Makanan enak ibu merupakan salah satu UMKM baru  yang beralokasikan di jl.syarif al-qadry no.17, Balangnipa, Sinjai utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Usaha ini berdiri tepatnya pada bulan april tahun lalu dengan nama pemiliknya ialah ichi ariestutie.

Menurut beliau “awalnya memang saya suka memasak,ia suka membagikan ke sahabat dan keluarga mengenai masakanya. Mereka mengusulkan untuk membuka usaha dan setelah ia mencoba alhamdulillah mendapat respon yang positif” .Selain itu ia merasa senang merekrut teman- teman muda untuk menjadi bagian dari timnya karna beliau berharap usahanya bisa menginspirasi mereka untuk menjadi wirausahawan juga dan tidak mesti menjadi ASN (aparatur sipil negara).

Menurut beliau” saya memberi nama outlet kami makanan enak ibu karena saya berharap semua yang mengomsumsi menu kami serasa menikmati masakan ibunya sendiri, seperti masakan ibu tiada duanya.”

Advertisement

Agar usahanya bisa berkembang seperti usaha UMKM lainnya, beliau menggunakan strategi sendiri seperti memberikan tester kepada teman-temannya agar produk makanannya dapat lebih dikenal orang. Sehingga ia mendapatkan penilaian positif  dan sekaligus menjadi penyemangatnya untuk tetap melanjutkan usahanya. Selain memberikan taster, ia  lebih banyak melakukan promosi lewat media sosial.

Baca Juga  Babinsa Koramil 05 Pasar Kliwon Budayakan Gotong Royong dan Tanamkan Kerja Bakti Bersama Warga

Mengenai keuntungan yang beliau dapatkan belum signifikan, karena menurutnya beliau   masih fokus dalam mempromosikan produknya dan harga ditawarkan pun murah dan terjangkau serta makananya pun di jamin enak. Dengan keuntungan yang didapatkan beliau menggunakan untuk memenuhi kebutuhan usahanya misalnya menginginkan punya dapur yang mendukung salah satunya dan ia ingin bekerja dengan efisien, clean dan higienis. Beliau juga merencanakan ingin belajar garnish,”katanya.

Beliau selalu mengutamakan konsisten soal rasa dari masakanya,menurutnya “ mau semurah dan semahal apapun makanan yang dijual apabila rasanya tidak konsisten maka akan menjadi bumerang bagi saya sebagai pelaku usaha sendiri. Sehingga beliau menekankan pentingnya untuk  menjaga kualitas rasa. Makanan enak ibu menyediakan menu yang sangat bervariatif, ayam bakar, nasi campur yang paling laris, menerima pesanan segala olahan makanan dari olahan daging sapi, daging ayam sampai seafood.  Ia menerima orderan untuk segala jenis hajatan, mulai aqiqah, ulang tahun, lamaran, arisan, acara-acara kantor dll. Dan tentu harganya pun bervariatif. beliau tidak membatasi pesanan selama ia masih mampu untuk membuatnya, karena baginya  tidak boleh ada pelanggan yang kecewa dan pelanggan adalah raja,katanya.  Makanan enak ibu merupakan salah satu UMKM baru yang beralokasikan di jl.syarif al-qadry no.17, Balangnipa, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi selatan. Usaha ini berdiri tepatnya pada bulan april tahun lalu dengan nama pemiliknya ialah ichi ariestutie. Menurut beliau “awalnya memang saya suka memasak, ia suka membagikan ke sahabat dan keluarga mengenai masakanya. Mereka mengusulkan untuk membuka usaha dan setelah ia mencoba alhamdulillah mendapat respon yang positif” . Selain itu ia merasa senang merekrut teman- teman muda untuk menjadi bagian dari timnya karna beliau berharap usahanya bisa menginspirasi mereka untuk menjadi wirausahawan juga dan tidak mesti menjadi ASN (aparatur sipil negara).
Menurut beliau” saya memberi nama outlet kami makanan enak ibu karena saya berharap semua yang mengomsumsi menu kami serasa menikmati masakan ibunya sendiri, seperti masakan ibu tiada duanya.” Agar usahanya bisa berkembang seperti usaha UMKM lainnya, beliau menggunakan strategi sendiri seperti memberikan tester kepada teman-temannya agar produk makanannya dapat lebih dikenal orang. Sehingga ia mendapatkan penilaian positif dan sekaligus menjadi penyemangatnya untuk tetap melanjutkan usahanya. Selain memberikan taster,ia lebih banyak melakukan promosi lewat media sosial.
Mengenai keuntungan yang beliau dapatkan belum signifikan, karena menurutnya beliau masih fokus dalam mempromosikan produknya dan harga ditawarkan pun murah dan terjangkau serta makananya pun di jamin enak. Dengan keuntungan yang didapatkan beliau menggunakan untuk memenuhi kebutuhan usahanya misalnya menginginkan punya dapur yang mendukung salah satunya dan ia ingin bekerja dengan efisien,clean dan higienis. Beliau juga merencanakan ingin belajar garnis.

Baca Juga  Pajak : Wujud Gotong Royong Masyarakat Dalam Pembangunan Negeri

Beliau selalu mengutamakan konsisten soal rasa dari masakanya,menurutnya “ mau semurah dan semahal apapun makanan yang dijual apabila rasanya tidak konsisten maka akan menjadi bumerang bagi saya sebagai pelaku usaha sendiri. Sehingga beliau menekankan pentingnya untuk menjaga kualitas rasa. Makanan enak ibu menyediakan menu yang sangat bervariatif,ayam bakar,nasi campur yang paling laris,menerima pesanan segala olahan makanan dari olahan daging sapi,daging ayam sampai seafood. Ia menerima orderan untuk segala jenis hajatan, mulai aqiqah, ulang tahun, lamaran, arisan, acara-acara kantor,dll. Dan tentu harganya pun bervariatif. beliau tidak membatasi pesanan selama ia masih mampu untuk membuatnya, karena

Penulis : Salmawati (Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah IAIM Sinjai)

Advertisement
BAGIKAN