STBM Diharapkan Menurunkan Warga Terjangkit Penyakit

8

SULSELBERITA.COM. Boyolali. Babinsa Sambi Koramil 10 Sambi Kodim 0724/Boyolali Sertu Dwi Haryanto melaksanakan pendampingan verifikasi STMB (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ) tahun 2020 di Desa Sambi Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Rabu (23/12).

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi.

Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat .Setiap rumahtangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.

Baca Juga  Kebakaran di Jl Pemuda I Rawamangun Jakarta Pusat Sisakan Banyak Arang
Advertisement

Babinsa Sambi mengatakan bahwa kegiatan STBM merupakan salah satu kegiatan untuk mengatur pola hidup sehat dimasyarakat, apabila dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat tentu juga turut mencegah paparan dari virus corona saat ini.

“Kegiatan STBM ini selain merubah pola hidup masyarakat juga bisa mencegah terpaparnya warga dari virus corona yang saat ini melanda.” Ucap Babinsa Sambi.
Pendampingan STBM ini juga melibatkan para tenaga kesehatan dari Puskesmas Sambi dan para kader STBM di Desa Sambi.

(Agus Kemplu)

Advertisement
BAGIKAN