Peringatan Hari Sumpah Pemuda, KNPI Sulsel Dipusatkan di Takalar, Sekda Takalar Jadi Inspektur Upacara

24

SULSELBERITA.COM. Takalar– Peringatan hari sumpah pemuda ke 92 tahun ini, untuk pertama kali diperingati dalam kondisi new normal akibat pandemi covid 19. Semua kegiatan pun dilakukan dalam protokoler kesehatan yang ketat.

Demikian halnya dengan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Selatan. Peringatan kegiatan sumpah pemuda tahun ini dipusatkan di Kabupaten Takalar.

Kegiatan ini digelar di Monumen Perjuangan Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (Lapris) di Kelurahan Bulukunyi Kecamatan Polongbangkeng Selatan.

Monumen Lapris sendiri adalah penghargaan terhadap jasa pahlawan yang tergabung di Lapris. Beberapa tokoh Organisasi perjuangan Lapris telah mendapat penghargaan menjadi pahlawan Nasional, diantaranya Ranggong Daeng Romo, Padjonga Daeng Ngalle, Robert Wortel Mongosidi dan Emmy Saelan.

Baca Juga  HUT TNI Dandim Boyolali Sambangi Janda Veteran dan Warakawuri

Bersama pengurus KNPI Takalar, berbagai agenda dilaksanakan sejak Selasa (27/10/2020).

ketua KNPI Sulsel Muhammad Arham Basmin didampingi jajaran pengurusnya, hadir menyerahkan bantuan sembako kepada puluhan masyarakat setempat, Selasa (27/10/2020).

“Bukan umur yang muda lagi, peran pemuda harus terus di upgrade dan berkembang agar tidak tertinggal oleh zaman.” ungkap Arham Basmin.

Ia menambahkan bahwa dipilihnya Monumen Lapris untuk mengingatkan pemuda akan cita-cita leluhur.

“Kita di tugu perjuangan ini tentu membawa semangat kepemudaan. Lewat sejarah para pejuang dan pemuda inilah, kita belajar bahwa ditangan pemuda ada cita-cita leluhur yang mesti dijalankan yaitu mempersatukan pemuda,” terangnya.

Malamnya digelar dialog kepemudaan yang menghadirkan narasumber kepala dinas pariwisata, pemuda dan olahraga Takalar Budiar Rosal, Sekretaris DPD KNPI Sulsel Andi Surahman Batara, Sekretaris KNPI Takalar Firman. Dialog dipandu oleh Wakil Sekretaris KNPI Sulsel Barnadi Zakariyah.

Baca Juga  Demokrat Dukung Kapolda Sumut Tangkap Pengeroyok Aktivis Anti Korupsi di Sergai

Kegiatan juga dilanjutkan dengan pagelaran seni, pertunjukan pembacaan puisi dari dewan kesenian kabupaten Takalar.

Puncak kegiatan adalah upacara peringatan hari sumpah pemuda yang dilaksanakan bersama pemerintah Kabupaten Takalar, dalam area monumen Lapris, Rabu (28/10/2020).

Hadir sebagai Inspektur upacara Sekretaris Daerah (Sekda) Takalar. Hadir juga Dandim Takalar, Kapolres Takalar, Ketua Pengadilan, Kadispora, Pimpinan OPD, dan OKP sekabupaten Takalar.

Sebagai peserta upacara personil Polres Takalar, Kodim 1426 Takalar, Satpol PP, Banser Takalar, RAPI Takalar, dan Pelajar yang menggunakan pakaian adat dari berbagai provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan lainnya adalah launching website suara dan aksi DPD KNPI Sulsel oleh wakil Ketua KNPI Sulsel Syamsul Bahri Ma’jaga, didampingi wakil ketua lainnya, diantaranya Wahyu Kasim, Nesta, Yardi, Salam Malik dan Abdullah Hasan.

Baca Juga  Miriss..Hasri Daeng Nappa Tinggal di Rumah Berukuran 3 × 2,5 Meter Bersama Istri dan 5 Orang anak
Advertisement
BAGIKAN