Satlantas Polrestabes Makassar Amankan 7 Pak Ogah, ini Penjelasan Kabid Humas Polda Sulsel

39

SULSELBERITA.COM. Makassar, -- Aparat kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar menertibkan sejumlah pak ogah yang kerap membuat kemacetan di beberapa ruas jalan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 1 Oktober 2020.

Personel Lantas Polrestabes Makassar yang sementara melakukan patroli di sepanjang Jalan Urip Sumohardjo, kemudian menemukan beberapa orang yang tengah mengatur lalu lintas layaknya seorang petugas kepolisian. Namun, mereka meminta imbalan ke pengguna jalan.

Advertisement

Akan tetapi, saat akan ditertibkan para pak ogah tersebut berusaha melarikan diri, sehingga terjadi aksi kejar-kejaran dengan petugas kepolisian hingga membuat kepadatan arus lalu lintas.

Kepala Operasi Satlantas Polrestabes Makassar, AKP Emy Hartanti mengatakan, pihaknya melakukan penertiban terhadap pak ogah yang kerap membuat kemacetan di beberapa ruas jalan di Kota Makassar.

"Pada saat kami patroli menemukan kepadatan kendaraan yang disebabkan oleh pak ogah, sehingga dilakukan penertiban dan mengamankan tujuh orang pak ogah," kata AKP Emy Hartanti.

Setelah diamankan, pihaknya kemudian melakukan pendataan dan interogasi lalu membuatkan perjanjian agar perbuatan yang merugikan pengguna jalan lainnya tidak diulang.

"Kami data lalu membuatkan surat perjanjian. Mereka ini rata-rata sudah menjadi pak ogah selama dua tahun. Mereka juga ini bekerja secara bergantian mulai dari pukul 12.00 siang hingga pukul 14.00 sore," ungkapnya.

Emy Hartanti menegaskan, pihaknya akan terus melakukan penertiban pak ogah yang kerap membuat kemacetan di beberapa ruas jalan di jam-jam sibuk.

Dok.Satlantas Polrestabes Makassar Amankan 7 Pak Ogah

"Penertiban ini akan terus dilakukan berdasarkan adanya laporan masyarakat yang kerap dirugikan oleh ulah pak ogah," katanya.

Terkait hal tersebut Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K.,M.Si., menyebutkan selain menjadi penyebab kemacetan, pak ogah ini juga kerap meminta uang secara paksa terhadap pengguna jalan.

Keberadaan pak ogah di putaran arah justru membuat jalanan macet karena dia lebih mengutamakan kendaraan yang berputar arah supaya mendapatkan uang.

"Keberadaan mereka malah membuat macet, karena lebih mengutamakan pengendara yang berputar dulu," ujar Kabid Humas.(**)