Lindungi Warganya dari Penyebaran Covid-19, Pemkab Takalar Dirikan Empat Posko Diperbatasan

0
129

SULSELBERITA.COM. Takalar - Empat titik posko siaga Covid-19 didirikan Pemerintah sebagai upaya mengantisipasi arus keluar-masuk lalu lintas di kabupaten Takalar.

Posko tersebut didirikan masing-masing disetiap perbatasan. Titik pertama berada di Perbatasan Gowa-Takalar, tepatnya di Kantor Camat Polongbangkeng Utara.

Posko kedua merupakan posko siaga tingkat kabupaten yang difokuskan di markas PSC 119, Jl. Kemakmuran, Kecamatan Pattalassang.

Advertisement

Kemudian posko ketiga di Perbatasan Takalar-Jeneponto, tepatnya di Dusun Tepo, Kecamatan Mangarabombang. Dan posko terakhir di Perbatasan Takalar-Makassar, di Desa Aeng Towa, Kecamatan Galesong Utara.

“Posko ini sebagai posko pemeriksaan kesehatan bagi warga yang memasuki Kabupaten Takalar untuk mencegah penyebaran Covid 19,” terang Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt, MM.

Posko ini melibatkan personil TNI sebanyak 80 orang, dari kepolisian 75 orang, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Dinas Kesehatan untuk bersiaga selama 24 jam.

Baca Juga  Personil Polsek Galut Rutin Pantau Pengusaha Toko Bahan Campuran Digalesong Utara

Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Rahmawati menambahkan bahwa di posko ini, setiap pengendara yang melintas akan diperiksa suhu badannya terlebih dahulu, kemudian akan diberi cairan disinfektan serta kendaraan pengendara akan disemprot cairan disinfektan.

"Saat ini kita menyiapkan alat semprot beserta cairan disinfektan. Ada juga screening suhu untuk pemeriksaan awal terhadap para pengendara," Jelas Plt Kadis Kesehatan Takalad dr. Rahmawati.

Posko ini mulai beroperasi hari ini, Senin (13/4/2020). Untuk kabupaten Takalar saat ini sebanyak 2 orang dinyatakan positif Covid-19 dan sedang diisolasi di RSUD Bhayangkara. Empat orang lainnya masuk dalam pasien dalam pengawasan. Sementara pasien ODP sebanyak 17 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here