Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Siswa

644

SULSELBERITA.COM. Sinjai - Madrasah adalah lembaga pendidikan yang sifatnya formal, non formal, dan informal, dimana pendiriannya dilakukan oleh negara maupun swasta dengan tujuan untuk memberikan pengajaran, mengelola, dan mendidik para siswa melalui bimbingan yang diberikan oleh para pendidik atau guru. Bentuk pelaksanaannya berupa kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Ekstrakurikuler adalah kegiatan penunjang pelajaran yang dilaksanakan di luar Madrasah Kepala MIN 3 Sinjai, Masna Intan,S.Pd.I memprogramkan kegiatan ekstrakurikuler sejak TP.2018/2019 dan salah satu kegiatan ektrakurikuler yang di jadwalkan setiap hari Rabu adalah Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband dengan menghadirkan pembina khusus yang sangat berkompeten.

Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler drumband ini mengakomodasi kebutuhan perkembangan peserta didik di bidang non akademik, sehingga siswa sadar akan potensi yang ada dalam dirinya dan selalu ada keinginan untuk terus berjuang untuk menekuni kegiatan tersebut. Tujuan lain diadakannya kegiatan ini adalah untuk menampilkan kegiatan dramband pada acara acara tertentu atau hari hari besar Nasional apabila diperlukan.

Jika kegiatan ekstrakulikuler dapat ditekuni dengan sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan peserta didik tersebut mendapatkan prestasi atas jerih payahnya, contohnya juara dalam lomba hafalan/ tadarrus (keagamaan)", Drumband, melukis, dan lain sebagainya.

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di sekolah/ Madrasah yang bisa dipilih oleh siswa sesuai bakat dan minatnya. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat.

Berikut manfaat Ekstrakulikuler untuk setiap siswa yang mengikutinya :

Siswa yang terlibat pada kegiatan ekstrakurlikuler dapat mengasah bakat yang dimilikinya secara bertahap. Selain itu, juga dapat menjadi media penggali potensi untuk siswa yang belum menyadari apa bakat yang dimilikinya.

Siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler akan memahami bahwa menuju sukses membutuhkan komitmen agar dapat lebih menguasai suatu bidang.

Secara tidak langsung mereka akan belajar untuk lebih disiplin dan menentukan tujuan dengan komitmen.