Krisis Kepercayaan pada Kadesnya Terus Bergulir, Warga Desa Amboniki Siap Laporkan Kades ke APH

385

SULSELBERITA.COM. Konawe -  Krisis kepercayaan dari masyarakat pada pimpinan Kepala Desa Amboniki, Kecamatan Latoma Kabupaten Konawe berbuntut panjang.

seperti yang di janjikan sebelumnya pada Pertemuan di Kantor Dinas BPMD Konawe tidak sesuai dengan ekspektasi seperti yang telah di sepakati.

sehingga atas dugaan kelalaian Kades Desa Amboniki yang belum memberikan beberapa orang hak Masyarakat terkait Bantuan RTLH dan Pengadaan sapi,kini warga siap melaporkan Kepala Desa Amboniki ke Aparat Penegak Hukum.

Dalam surat Laporan Dugaan Penyelewangan Dana Desa,mulai tahun 2016,2017,2019 yang di tujukan Kepada Kepala Kejaksaan Negri Sulawesi Tenggara Cq,Kasi Intel di Kendari, tertanggal Senin,10/02/2019 siap untuk di dorong.

Dalam kutipan surat tersebut terdapat 8 item kegiatan yang di laporkan

Ditempat terpisah DPW Lumbung Informasi Rakyat Sulawesi tenggara( LIRA SULTRA) Karmin" menanggapi terkait adanya oknum kades yang di Duga Menyelewengkan Dana Desa,iya mengatakan siap mengawal masyarakat Desa Amboniki dalam pelaporan ke Kejaksaan tinggi Sulawesi Tenggara,

Sekedar untuk di ketahui pada Pemberitaan sebelumnya oleh media ini.

Krisis kepercayaan dari masyarakat pada pimpinan Kepala Desa Amboniki, Kecamatan Latoma Kabupaten Konawe berbuntut panjang

Itu dapat dilihat dari kurang lebih 12 orang masyarakat desa itu mendatangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe, guna menyampaikan hak hak mereka untuk memperjelas bantuan RTLH yang belum di selesaikan oleh Pemerinta Desa, karena dianggap tidak transparan terkait dengan dana desa ( DD )

"Kami menyampaikan kepada DPMD Konawe, terkait Penyelesaian bantuan Rumah tidak layak huni ( RTLH ) agar kiranya ada kejelasan, sehingga kami bisa merasakan betul betul bantuan dari Dana Desa tersebut.
Ungkap " Rustam ( Masyarakat )

Yang datang ini ada sekitar 12 orang dari unsur tokoh masyarakat, pemuda termasuk Aparat Desa," ucap Rustam,Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD)Amboniki.

Masih, menurut Rustam, pihak DPMD Konawe telah menampung aspirasi yang disampaikan pada saat pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat desa. Namun di harapkan agar besabar sambil menunggu Proses Penyelesaianya, hal itu di perkuat juga dengan Pernyataan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) di Ruanganya, Sabtu, 18/01/2020 pada saat Proses Mediasi antara Masyarakat Desa Amboniki dengan Perwakilan Kepala Desa Amboniki yang turut hadir di antaranya, Bendahara Desa, Sekdes, Ketua Bumdes, PLD,

turut hadir pula Camat Latoma dan Sekretaris Camat Latoma beserta PDTI

Lebih lanjut dikatakannya. Untuk itu kami minta roda pemerintahan dalam desa bisa berjalan dengan baik utamanya penyaluran dana Desa untuk Masyarakat Desa Amboniki.

Sementara, Keni Fermansyah, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Konawe dalam Pertemuan di Ruangan kantor DPMD berjanji akan menindak lanjuti keluhan warga dan iya juga menyampaikan bahwa akan di selesaikan Akhir bulan ini"katanya
Pernyataanya itu di saksikan juga oleh beberapa aparat Desa Amboniki, Masyarakat, Camat Latoma dan Sekretaris Camat Latoma

sementara itu di tempat terpisah, Jasman K, SH ( Tokoh Masyarakta )ikut angkat bicara, terkait dengan Persoalan ini apa bila keluhan warga tidak terpenuhi sesuai pernyataan Kadis DPMD, maka persoalan kami akan lanjutkan ke rana hukum dalam hal ini ke Aparat Penegak Hukum ( APH) agar menjadi perhatian bagi Kepala Desa Amboniki"ungkapnya.

Penulis : Hendra