Sambut Pilkada Serentak 2020, RCH : Pemuda Jangan “ACUH” Kita Punya Sejarah dan Kontribusi Besar !!!

343

SULSELBERITA.COM. Pasangkayu, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan melaksanakan Pilkada Serentak pada 23 September 2020. Pesta demokrasi itu akan dihelat di 270 daerah, yang terbagi atas 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berkaitan dengan hal itu, 'Robin Chandra Hidayat, SH' yang akrab disapa RCH berharap agar pemuda tidak acuh dan turut berpartisipasi dalam menyukseskan pesta demokrasi 5 (lima) tahunan yang akan digelar pada tahun 2020 tersebut.

"Pilkada Serentak Tahun 2020 itu sama seperti pilkada-pilkada sebelumnya, selalu menjadi momentum yang dinantikan oleh semua kalangan, termasuk pemuda. Oleh karena itu pemuda jangan acuh, mari kita sukseskan dengan cara kita masing-mading," kata RCH, Minggu (29/12/2019).

RCH menilai, pemuda punya sejarah dan kontribusi besar dalam perjalanan politik dan demokrasi di Indonesia.

"Sejarah Indonesia menunjukkan bahwa pemuda memiliki kontribusi yang sangat besar dalam setiap perubahan. Pemuda telah eksis dalam mengawal segala bentuk perubahan, mulai dari masalah politik, ekonomi, hingga budaya," jelas RCH.

Lewat gagasan dan terobosan khas pemuda, peristiwa bersejarah lahir dan menjadi saksi bahwa pemuda turut memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa.

"Di zaman kerajaan, misalnya, ada Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya mampu menyatukan Nusantara, Budi Utomo pada tahun 1908, Sumpah Pemuda 1928 pun mampu menyatukan seluruh anak bangsa dalam satu kesatuan tanah air, bangsa dan bahasa yaitu Indonesia. Kemudian Proklamasi pada 17 Agustus 1945 yang diprakarsai juga oleh pemuda pada saat itu juga mampu meyakinkan Bung Karno sehingga segera mendeklarasikan Kemerdekaan Indonesia. Lalu Orde Baru 1966, Peristiwa Malari 1974, NKK/BKK 1978, Amarah 1996 Makassar, Pergerakan Mahasiswa pada tahun 1998 lewat momentum Reformasi yang dipahami sebagai momentum dimulainya kehidupan demokrasi yang sesungguhnya di Indonesia sampai pada Aksi Penolakan RUU pada September 2019 yang lalu adalah bukti shahih tentang sejarah dan kontribusi pemuda Indonesia,” ujar RCH.

Oleh karena itu, lanjut RCH, berangkat dari deretan kontribusi pemuda dalam sejarah panjang bangsa Indonesia di atas, menarik bagi kita untuk mengamati peranan pemuda saat ini, khususnya dalam ruang politik.

"Pemuda dalam menyambut Pilkada Serentak Tahun 2020 harus memberi kontribusi yang nyata, entah itu sebagai salah satu kontestan, penyelenggara, pengawas, pengawal ataupun pemilih yang berintegritas pada pesta demokrasi 5 tahunan nanti. Asal jangan golput!," tutup RCH.

Editor:Ilham