Liturgi Ulang Tahun Paroki Santo Albertus Agung Tanjung Bunga Makassar dalam Balutan Tenun Adat Nusantara

474

SULSELBERITA.COM. Makassar-Dalam rangka memperingati Ulang Tahun Ke- 2 Gereja Katolik Paroki Santo Abertus Agung Tanjung Bunga Makassar yang jatuh pada tanggal 15 November 2019, umat Katolik paroki Tanjung Bunga Makassar melaksanakan Misa yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung makassar Yang Mulia Mgr. Dr. John Liku Ada, Pr. Dalam kotbahnya Mgr. Menegaskan pentingnya umat menghayati semangat hidup dari St. Albertus Agung yang merupakan Uskup dan Pujangga Gereja. Umat khususnya kaum milenial agar kuat dalam iman ditengah tantangan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan tehnologi dewasa ini. Ulang tahun Paroki kali ini agak berbeda dimana petugas liturgi hampir seluruhnya menggunakan pakaian adat dari daerah asal masing-masing. Ada baju adat Makassar, Bugis dan Toraja. Yang menarik untuk anggota Koor/paduan suara dari Rukun Albertus Agung Barombong hampir sebagian besar pesertanya menggunakan tenunan Adat NTT ( Manggarai, Ende, Kupang), dan sebagiannya menggunakan baju adat Toraja, bugis, dan Kalimantan. Pungkas Uskupa Agung Makassar.

Pastor Paroki St. Albertus Agung Tanjung Bunga (Pastor Lukas Paliling, Pr.) dalam sambutannya mengatakan bahwa menggunakan pakaian adat memberi pesan bahwa Gereja bersifat universal dan terbuka untuk semua suku dan daerah. Tutup pastor Lukas Paliling, Pr.

Baca Juga  Polsek Somba Opu Gandeng Camat dan Koramil Laksanakan Bakti Sosial

Wencislaus Nansi, salah satu anggota paduan suara juga menyampaikan bahwa mengenakan pakaian adat dalam liturgi Gereja memberikan pesan bahwa Gereja bukanlah Menara gading yang lepas dari culture dan budaya masyarakat. Wencislaus Nanci yang juga merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Makassar juga berpendapat bahwa Gereja harus menjadi lilin dan terang ditengah gejolak dan krisis sosial dan krisis budaya masyarakat dewasa ini. Bagi Wencislaus Sebagai putra NTT, mengenakan pakaian adat merupakan kebanggaaan dan kecintaan terhadap budaya NTT walaupun berada di tanah rantau. Misa ulang tahun paroki ini berlangsung sangat meriah dihadiri oleh ratusan umat dan para undangan. perayan ulang tahun dilaksanakan pada tanggal 17 November 2019 di Gereja Katolik Paroki St. Albertus Agung Tanjung Bunga (Jl. Tanjung Bunga)

Baca Juga  Kapolres Gowa Hadiri Acara "Harmoni dari Sekolah" di Padivalley
Advertisement
BAGIKAN