Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Takalar, Lounching Senam SPEKTAS.

0
251

SULSELBERITA.COM. Takalar - Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, membuat sebuah inovasi terbaru dalam rangka peningkatan produktivitas kerja Yang disertai dengan peningkatan kesehatan Yang prima yakni Launching “Senam SPEKTAS".

Launching Senam SPEKTAS ini dilaksanakan serangkaian dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tanggal 28 Oktober 2019.

Senam SPEKTAS (Senam Peregangan Kita Sehat), merupakan buah pikiran dari Bapak Bupati Takalar, Yang Kemudian diprogramkan Oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kab. Takalar bekerja sama dengan klub jantung sehat Kab. Takalar.

Seperti yang kita ketahui, kebiasaan duduk yang lama akibat kesibukan dalam pekerjaan dan kurang berolahraga dalam waktu yang lama menyebabkan pegal-pegal, sakit tulang punggung dan cepat lelah, serta kesehatan tubuh bisa terganggu. Senam spektas ini sangat baik dilakukan pada pagi hari sebelum bekerja atau melakukan aktifitas lainnya agar fikiran menjadi fresh dan menimbulkan nyaman dan tenang dalam beraktifitas, karena salah satu kelebihan senam spektas adalah mampu memberikan ketenangan bagi orang yang melakukannya.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Polsek Marbo Polres Takalar Melakukan Himbauan Pencegahan Penularan Virus Corona (COVID-19) Di Masyarakat

"Gerakan yang diringi Iringan dengan musik pada senam spektas menimbulkan perasaan gembira. Gerakan senam spektas yang ringan, waktu senamnya singkat sekitar 3 menit saja, serta gerakannya tidak terlalu sulit namun tetap energik, juga sangat berperan dalam mengaktifkan hormon endorfin dalam tubuh". Jelas Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Budiar Rosal. Senin, (4/11/2019).

"Sebagaimana diketahui, hormon endorfin sangat berperan penting dalam menimbulkan suasana hati yang riang, menyehatkan tubuh terutama jantung.
Meskipun gerakan pada senam spektas tergolong gerakan yang ringan, namun bukan berarti tidak memberikan dampak yang besar bagi tubuh yakni mampu menyehatkan jantung karena ketika melakukan senam, maka otot jantung akan bekerja dengan aktif untuk memompa aliran darah dan menyuplai oksigen ke seluruh bagian tubuh terutama otot yang digunakan saat senam". Tutup Budiar Rosal

Baca Juga  Ketua PSI Pangkep Diserang OTK Gara-Gara Postingan Selamat Natal

Perlu diketahui,
Senam spektas juga membantu untuk meningkatkan daya ingat. Bagaimana bisa? Hal ini berkaitan dengan lancarnya pasokan oksigen ke dalam otak sehingga sel saraf di dalam otak menjadi lebih aktif. Sel saraf yang aktif akan meningkatkan daya ingat seseorang. Dengan begini, orang yang rajin melakukan senam spektas juga akan menjadi terhindar dari penyakit seperti Alzheimer atau Parkinson.

Kegiatan ini akan digalakkan kepada setiap OPD dan sekolah agar bisa dilaksanakan sebelum melaksanakan aktifitas dan untuk menumbuhkan semangat dan produktifitas kerja serta menciptakan suasana baru bisa dilakukan sekali kali sebagai alternatif apel pagi gaya baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here