Ketua KPU Kepulauan Selayar Sosialisasikan Rumah Pintar Pemilu di SMANSA Benteng

181

SULSELBERITA.COM. Selayar - Berkumpul di depan ribuan orang siswa SMA Negeri 1 Benteng, dalam rangkaian, upacara bendera hari, Senin, (04/11) yang dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi rumah pintar pemilu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Nandar Jamaluddin, S.Pd., M.SI, berkesempatan, tampil menjadi pembina upacara di lingkungan sekolah yang dulu, dikenal dengan sebutan, SMA Negeri 256, Benteng.

Dalam rangkaian amanat yang disampaikannya, di hadapan, ribuan pasang mata, dan telinga siswa SMA Negeri 1 Benteng, bersama unsur dewan guru, kepala sekolah, dan wakasek, Nandar Jamaluddin, menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi atas penerimaan pihak sekolah, bersama segenap siswa, di lingkungan SMANSA Benteng, yang berkenan, memberikan waktu, dan kesempatan kepada komisioner, komisi pemilihan umum, Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menyampaikan materi sosialisasi, tentang rumah pintar pemilu.

Advertisement

Nandar menjelaskan, rumah pintar pemilu merupakan media informasi dan sekaligus, ruang pusat kegiatan kepemiluan, di Kabupaten Kepulauan Selayar”.

“Rumah pintar pemilu, juga plus disebut, merupakan wahana sharing, dan tempat berdiskusi untuk membahas berbagai bentuk issu-issu, politik lokal, yang menjadi bahan perbincangan, dan tranding topic, di masyarakat’.

“Saban hari, rumah pintar pemilu, diharapkan akan ‘lahir’ dan tercipta sebagai sebuah rumah demokrasi, pusat data, dan informasi pemilu, untuk masyarakat”.

“Rumah pintar pemilu juga diharapkan akan menjadi media yang eektif dan efisien, dalam kerangka untuk memberikan materi pencerahan politik, dan demokrasi, kepada elemen pelajar, serta generasi muda, sebagai cikal-bakal, potensi pemilih pemula”.

“Hal ini dinilai sangat penting, terutama, dalam menghadapi momentum pilkada pemilihan balon bupati dan wakil bupati, 23 Sptember 2020 mendatang, sebab pemilih pemula memiliki posisi yang sangat strategis dan menentukan arah masa depan pembangunan daerah”.

“Sejalan dengan hal tersebut, elemen pelajar, dan pemuda, diharapkan dapat turut ambil bagian dan berkontribusi secara aktif, dalam kerangka, untuk menata alam demokrasi, dan tetap menjaga kondusifitas, kehidupan politik lokal, pra, dan pasca pilkada”.

Oleh karenanya, melalui kesempatan ini, izinkan saya, selaku Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, untuk meitipkan dan menyampaikan harapan, kepada segenap elemen pelajar, dan generasi muda di daerah ini, untuk ikut berperan aktif, menjadi seorang pemilih cerdas, dan berintegritas, dengan daya dukung, pertimbangan rasional, serta kekuatan analisa, dan kemampuan untuk menentukan pilihan yang benar dan tepat.

Sebagai seorang pemilih yang cerdas dan berintegritas, elemen pelajar, dan pemuda, tentu saja, diharapkan akan memilih sosok pemimpin masa depan daerah yang dibekali oleh kecerdasan dan nilai-nilai integritas.

“Untuk menghindari kesalahan memilih, maka sejak dari sekarang, elemen pelajar dan pemuda, hendaknya, telah dibekali dengan referensi informasi awal mengenai proses dan tahapan pilkada serta penguasaan materi perkembangan dinamikan politik.

Elemen pelajar dan pemuda, banyak belajar menempatkan, dan memposisikan diri pada tempat yang tepat, agar tidak mudah ‘terseret’ dan terjerumus oleh lingkaran kehidupan politik, pragmatis, dan jauh dari nilai-nilai edukatif”, pungkasnya mengakhiri rangkaian amanat dan sosialisasi rumah pintar pemilu. (fadly syarif)