Mantap!!! Wakili Pemkot, Wakil Walikota Tual Berguru Budidaya Rumput Laut dan Garam di Takalar

185

SULSELBERITA.COM. Takalar_Kabupaten Takalar merupakan salah satu wilayah bagian timur Indonesia yang menjadi rujukan dalam pengelolaan dan budidaya rumput laut dan garam terbaik.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Walikota Tual, Provinsi Maluku ketika berkunjung ke Kabupaten Takalar untuk mengenal lebih jauh proses budidaya rumput laut dan garam yang ada di kabupaten Takalar.

"Jadi, kami ini mencari-cari daerah mana yang memiliki pengelolaan budidaya rumput laut yang bagus diwilayah timur, dan dari Dirjen di Kementrian Perikanan dan Kelautan merujuk kabupaten Takalar yang sudah maju. Sehingga hari ini kami datang untuk melihat langsung sharing mengenai budidaya rumput laut di kabupaten Takalar ini, setelah ini kami akan mengirim dari SKPD untuk belajar mengenai budidaya rumput laut ini di Takalar," Jelas Usman Tamnge.

Selain akan mengirim SKPD untuk belajar, wakil Walikota Tual menjelaskan bahwa tidak menutup kemungkinan nelayan di Kota Tual, Maluku juga akan dikirim ke kabupaten Takalar untuk belajar budidaya rumput laut dan garam dengan baik.

Hal ini dikarenakan, wilayah geografis Kabupaten Tual didominasi oleh wilayah Laut. kelautan, dari 5 kecamatan, 2 kecamatan di daratan hanya 2% dari luas wilayah Kota Tual, dan 3 kecamatan ada di pulau dengan jumlah penduduk sebanyak 84 ribu lebih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Takalar Drs. H. Arsyad yang menerima Wakil Walikota Tual, menyambut baik niat dan terbuka terhadap niat dari Pemerintah Kota Tual.

"Kami tidak akan menolak, kami akan terima dengan baik jika nanti ada dari nelayan maupun dari SKPD berkunjung kemari melihat budidaya rumput laut dan garam di Kabupaten Takalar," kata Sekda Takalar.