Bupati Takalar Lakukan Sidak di Kantor Kelurahan Kalabbirang, ini Sebabnya

427

SULSELBEEITA.COM. Takalar - Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt, MM melakukan inspeksi mendadak (sidak) disejumlah kantor kelurahan di Kecamatan Pattalassang, Rabu (15/5/2019) pagi.

Sidak yang dilakukan H. Syamsari menjelang pertengahan bulan ramadhan tersebut selain memantau kehadiran pegawai, juga sekaligus memeriksa data keluarga miskin disetiap kelurahan.

Sesuai instruksi awal Bupati Takalar, seluruh desa dan kelurahan wajib melakukan upadate data keluarga kurang mampu yang layak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Hal ini bertujuan agar penerima bantuan tepat sasaran, sehingga tidak ada lagi keluarga mampu atau keluarga yang dulunya kurang mampu dan mendapat bantuan namun kini memiliki taraf hidup yang lebih baik mendapatkan bantuan seperti sebelumnya.

Himbauan agar setiap desa dan keluarahan di Takalar melakukan update data kemiskinan ini sendiri telah dilakukan sejak tahun 2018 yang lalu melalui surat edaran Bupati namun, surat edaran tersebut hingga saat ini belum diindahkan oleh setiap desa dan lurah.

Alhasil, dari sidak tersebut ditemukan beberapa warga yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) yang tidak sesuai dengan kondisi dilapangan disebabkan karena BDT tersebut tidak divalidasi dan diperbaharui.

Bupati Takalar H. Syamsari menjelaskan bahwa
Verifikasi dan validasi dilakukan secara terbuka dengan dua cara, yakni yang pertama, Basis Data Terpadu (BDT) yang pernah diadakan beberapa tahun lalu di cek dilapangan oleh tim yang terdiri dari aparat desa/kelurahan sampai dusun, babinsa dan babinkamtibmas serta unsur ormas.

Kedua, daftar Basis Data terpadu yang berisi daftar KK miskin ditempel di tempat umum seperti mesjid dan kantor lurah-desa sehingga masyarakat dapat menilai dan mengajukan KK miskin yang belum masuk.

"Selain itu, juga dapat mengajukan data terbaru mengenai data yang ada di BDT apakah masih layak disebut miskin atau sudah mampu. Apakah masih ada di lokasi atau sudah pindah masih hidup atau sudah wafat," Papar H. Syamsari.

Salah satu kelurahan yang disidak Bupati Inovatif lingkungan hidup ini didampingi oleh Camat Pattalassang yakni di Kelurahan Kalabbirang yang saat ini dipimpin oleh Bansuhari Dan sidak di Keluarahan Maradekaya yang dipimpin oleh Syarifuddin.