Begini Cara Humas Polda Sulsel Tangkal Banyaknya Peredaran Berita Hoax di Medsos

301

SULSELBERITA.COM. Makassar - Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulsel menggelar Sosialisasi Media Sosial yang bertemakan “Peranan Mahasiswa Dalam Menangkal Peredaran Berita Hoax”. bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Samata Kab. Gowa, Kamis (08/11) pagi.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh ratusan mahasiswa/mahasiswi UIN Alauddin Samata. Adapun yang menjadi pemateri adalah Dr. H. Abdul Wahid, M.A (Dosen & Staf Ahli Kapolda Sulsel Bidang Agama) beserta Kompol Muhammad Arsyad, S. Sos., M.H (Kasubbid Penmas Bid Humad Polda Sulsel).

Advertisement

Saat menjadi pemateri, Dr Wahid menuturkan, “Seorang mahasiswa Muslim harus menyadari bahwa Dalam pandangan Islam menyebarkan berita hoax adalah dosa besar, sebab ini masuk kategori fitnah. Sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an QS. Al-Baqarah: 219, “Sesungguhnya fitnah itu lebih fatal dari pembunuhan.”. Ungkapnya.

Dan dalam hal ini, Kompol Arsyad memberikan tips sederhana melawan Hoax, diantaranya yang pertama Jangan langsung membagi atau menshare berita yang beredar di media sosial, Kedua Cermati situs pembuatan berita, Ketiga Cek keberadaan berita yang bombastis tersebut di lebih dari satu media arus utama dan yang terakhir Baca dengan hati-hati dan berpikir kritis.