Hardiknas, PMII Komisariat STMIK Handayani Makassar Demo Suarakan Empat Petisi

487

SULSELBERITA.COM, MAKASSAR - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat STMIK Handayani Makassar melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Makassar. Rabu (02/05/2018).

Aksi unjuk rasa tersebut yang diikuti oleh puluhan mahasiswa diwarnai petisi selama berlangsung di Flyover Makassar

Advertisement

"Kita bawa empat petisi dalam memperingati Hardiknas kali ini", ujar salah satu peserta aksi.

Yahya Manika Triyalun selaku Sekertaris Umum PMII Komisariat STMIK Handayani Makassar memaparkan
empat petisi yang dimaksud antar lain adalah.

Pemerataan pendidikan karena sistem pendidikan dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh Warga Negara sehingga dapat memperoleh wahana bagi pembangunan dan sumber daya manusia.

Mutu pendidikan yang dipermasalahkan pasalnya hasil pendidikan belum mencapai taraf seperti yang diharapkan.

Dimana Penetapan mutu hasil pendidikan pertama dilakukan oleh lembaga penghasil sebagai produsen tenaga terhadap calon luaran, dengan sistem sertifikasi.

Selanjutnya jika luaran tesebut terjun kelapangan kerja penilaian dilakukan oleh lembaga pemakai sebagai konsumen tenaga dengan sistem tes unjuk kerja. Lazimnya masih dilakukan pelatihan dan pemagangan bagi calon untuk penyesuaian dengan tuntutan persyaratan kerja dilapangan, dan berkarya.

Masalah efisiensi karena pengelolaan pendidikan, terutama dalam pemanfaatan dana dan sumber daya manusia.

Maslah relevensi karena masalah yang timbul tidak sesuainya sistem pendidikan dengan pembangunan nasional setara kebutuhan perorangan, keluarga, dan masyarakat, baik dalam jangka pendek, maupun dalam jangka panjang.

"Kita tekankan kepada pemerintah untuk melakukan petisi yang kita serukan agar pendidikan di Indonesia berjalan sesuai dengan fungsinya," terangnya.

Kontributor Jeneponto: (Samsir)