Mengejar Kebaikan Ramadhan, Siswa SDIT Ash Shaff Takalar Kembali Berbagi Takjil

49

SULSELBERITA.COM. Takalar - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ash Shaff Takalar, provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), kembali mengisi bulan ramadhan dengan bebagai kebaikan.

Sore ini, Jumat, 28 maret 2024. puluhan  siswa didampingi guru masing-masing terlihat berjejer disepanjang jalan poros provinsi penghubung Gowa-Takalar sambil menyodorkan takjil kepengguna jalan yang kebetulan lewat.

Suasana berbagi takjil berjalan begitu tertib dan ceriah, meski susana lalulintas kendaraan sempat sedikit macet. Para siswa pun terlihat begitu antusias menikmati suasana berbagi, sesekali mereka melepaskan senyum ceriah kepada para pengguna jalan yang berhenti untuk menerima pemberian takjil dari mereka

Sekolah Dasar Islam yang berdiri sejak tahun 2018 itu telah menjadikan kebiasaan berbagi Takjil tiap tahun dibulan Ramadan. Murid-muridnya telah ditanamkan budaya berbagi sejak dini, apalagi momentum bulan suci yang penuh berkah ini, sebab bagi mereka bulan ini Allah SWT memberikan berlipat pahala bagi orang yang mengerjakan kebaikan.

Terpisah, kepala sekolah SDIT Ash Shaff, Sisuadi Dg Ngimba S.Pdi. mengatakan jika program berbagi takjil adalah agenda tahunan di sekolah ini, baginya program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta berbagi dan rela berkorban dari para peserta didiknya, sehinggah kedepan mereka tetap mengimplementasikan kebiasaan tersebut ditengah masyarakat

"Program ini setiap tahun dibulan ramadhan kami laksanakan, setidaknya bisa berbagi kepada pengguna jalan yang tengah berpuasa dan ingin berbuka. Ini juga diharapkan bisa menjadi kebiasaan baik dari siswa-siswi kami, untuk selanjutnya diterapkan dilingkungan keluarga dan masyarakat" Kata Dg Ngimba

Lebih lanjut, Ustadz Imba mengungkap aktifitas sekolahnya selama bulan ramadha, kata dia puasa tidak menghalangi kegiatan siswa disini, mereka terus melakukan kegiatan positif, mulai dari diwaktu pagi dengan sholat duha kemudian Tahsin dan murojaah sampai pembelajaran umum.

"Alhamdulillah selama ramadhan kegiatan positif disekolah terus berjalan, hanya lebih banyak pembelajaran religiusnya, mulai dari sholat duha, tahsin dan murojaah. Siswa-siswa juga rata-rata berpuasa tapi tetap segar dan aktif berkegiatan" Ujarnya.

SDIT Ash Shaff adalah sekolah yayasan yang terletak di pusat kota, dijalan poros Takalar, tepatnya Jln. Jend. Sudirman, kelurahan Sabintang, kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Sulsel. Sekolah ini telah menerapkan fullday school dan satu kelas ditangani dua orang tenaga pengajar, siswa-siswinya pun setiap saat diikutkan dalam setiap evet atau kejuaran tingkat kabupaten sampai provinsi.
Meski usia berdirinya tergolong baru tapi sekolah ini telah memiliki cukup banyak peminat. Terbukti setiap tahunnya mendapatkan siswa dari bergai kecamatan yang tersebar di Takalar, fasilitas antar jemput dengan kendaraan mobil pun turut memanjakan dan memberikan kemudahan serta rasa keamanan bagi orang tua siswa.