Opsar Gabungan Berakhir, Wabup Tetap Tugasi Camat dan Kades Pulau Pantau Wilayah Masing Masing

53

SULSELBERITA.COM. Selayar - Instruksi disampaikan Wakil Bupati Selayar, Sulawesi Selatan, H. Saiful Arif, SH, kepada seluruh camat dan kepala desa di wilayah Kecamatan Takabonerate, Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Pasimarannu, serta Pasilambena untuk tetap memantau wilayah perairan laut masing masing dan mengantisipasi kemungkinan, masih akan adanya korban KM. Yuiee Jaya II yang mengapung dan terdampar ke pesisir pantai.

Kepada awak media, Jum'at (29-3) malam Wabup Saiful Arif menegaskan, Camat pulau yang diharapkan menugasi para kades di wilayahnya, bukan hanya Camat Taka Bonetate dan Camat Pasi Masunggu saja, tetapi semua camat di wilayah kepulauan, diminta menugasi kepala desa serta warga masyarakatnya masing - masing, untuk tetap memantau kawasan pantai dan perairan laut di wilayahnya sebagai antisipasi terhadap kemungkinan masih adanya korban laka laut KM. Yuiee Jaya II yang sementara terapung atau terdampar ke pesisir pantai.

Masyarakat diharapkan segera berkoordinasi dan melapor ke aparat pemerintah desa, koramil, binsa, atau aparat kepolisian terdekat, tatkala mendapat informasi dan atau menjumpai hal yang mencurigakan, isyarat, dan tanda tanda terkait dengan hilangnya delapan belas orang pekerja, kapal naas KM. Yuiee Jaya II.

Wabup berharap seluruh jajaran pemerintah kecamatan, desa, hingga perangkat pemerintah dusun karena untuk mengharapkan pencarian lanjutan seperti sebelumnya, mungkin sudah agak susah untuk dilakukan.

Penegasan ini dikeluarkan wabup sejalan dengan berakhirnya operasi SAR pencarian dan penyelamatan korban oleh Basarnas dan Tim SAR gabungan.

Basarnas kata wabup telah melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai standar operating prosedur (SOP) yang ditandai dengan berakhirnya perpanjangan waktu opsar selama tiga hari.

Opsar telah dilaksanakan Basarnas bersama tim SAR gabungan selama kurang lebih sepuluh hari dan tidak lagi menemukan tanda tanda korban mengapung ataupun terdampar.

Bilapun masih ada temuan, korban hampir dipastikan meninggal dunia (MD), pungkas Wabup Saiful Arif. (Fadly Syarif)