Pj. Bupati di Dampingi Sekda memimpin Rakor Pengendalian Harga Beras, Telur & Ayam Pedaging

79

SULSELBERITA.COM. Takalar - Jumat pagi tgl 22 Maret pukul 09.00 bertempat di Ruang Rapat Setda di gelar rapat koordinasi yang di hadiri oleh Pj. Bupati Takalar, Sekda Kab. Takalar sebagai Ketua Satgas Pangan Kab. Takalar dan sejumlah anggota TPID.

Pertemuan tersebut diadakan untuk antisipasi gejolak harga pada 3 komoditi pangan yaitu beras, telur dan ayam pedaging.

Ada pun tujuan lain dari Rakor ini adalah mendengarkan keluhan dan masalah para petani (pengepul beras) dan peternak ayam petelur & ayam pedaging.
Salah satu keluhan dari peternak yaitu terkait masalah pemasaran dan tingginya harga pakan ternak.

Kemudian untuk komoditi beras, saat ini harga sudah mulai stabil. Yang menjadi keluhan adalah pembelian gabah masih tergolong rendah dan biaya produksi padi meningkat Karena jatah pupuk bersubsidi di Takalar dikurangi dari pihak Kementrian, hanya sekitar 53 persen yang dipenuhi.

Para petani dan peternak juga terkendala oleh modal usaha sehingga Bapak Pj. Bupati menyarankan untuk biaya permodalan bisa dibantu melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan suku bunga rendah.

Pj. Bupati Takalar juga berharap untuk menyiapkan stock beras, daging ayam dan telur karena sebentar lagi Kab. Takalar akan menjadi tuan rumah pelaksaan MTQ di awal bulan Mei, dan jangan sampai kita kekurangan stock bahan makanan untuk pelaksaan kegiatan tersebut.