Ujian Akhir Program Magister Ilmu Komunikasi, Sekda Takalar Raih Predikat Cumlaude

2019

SULSELBERITA.COM. Takalar - Sekda Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi, berhasil menyelesaikan program Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) dengan nilai Cumlaude saat pengumuman hasil ujian akhir yang diadakan di ruang rapat rektorat Universitas Fajar Makassar (Unifa), Senin (4/3/2024).

Hasbi, yang merupakan alumnus STPDN Angkatan XII, mengungkapkan strategi komunikasi yang dia bangun untuk mempererat hubungan antara lembaga eksekutif dan legislatif dalam penentuan APBD Kabupaten Takalar. "Kesuksesan ditentukan oleh ketekunan, fokus, dan mengikuti tahapan dengan baik," papar Hasbi yang juga merupakan alumnus STPDN 2004.

Ujian tesis Hasbi dihadiri oleh penguji yang terdiri dari Dr. Muliyadi Hamid, Dr. Mujahid, Dr. Andi Vita Sukmarini, Dr. Muhammad Asdar, dan Dr. Nur Alim Jalil.

Dalam presentasinya, Hasbi menekankan pentingnya membangun kepercayaan antara kedua lembaga untuk menciptakan hubungan komunikasi yang berkualitas. "Kepercayaan merupakan fondasi utama agar komunikasi menjadi lebih baik dan berkualitas," ungkapnya.

Rektor Unifa, Dr. Muliyadi Hamid, yang juga menjadi anggota tim penguji, menyarankan agar tesis Hasbi dapat dilanjutkan ke program doktor mengingat relevansinya dalam fenomena hubungan komunikasi eksekutif-legislatif.

Dekan Fakultas Pascasarjana, Dr. Mujahid, berharap penelitian mengenai hubungan komunikasi eksekutif-legislatif tersebut dapat dijadikan referensi bagi kedua lembaga tersebut di kabupaten/kota lain. "Kami memberikan apresiasi atas karya Muhammad Hasbi," katanya.

Ketua Program Studi MIKOM, Andi Vita Sukmarini, berharap pembukaan kelas rekognisi pembelajaran lampau (RPL) untuk program S1 dan S2 di Unifa dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan yang lebih fleksibel, cepat, dan terjangkau.

Fakultas Pascasarjana juga membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2023-2024 dengan prodi Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM), Magister Manajemen (MM), dan Magister Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (MRIL).