Manfaatkan Hari Libur, Komunitas Belajar SMAN 3 Takalar Laksanakan Kegiatan Mandiri

348

SULSELBERITA.COM. Takalar -  
Ahad , 4 Februari 2023 salah satu komunitas belajar yang telah terbentuk di SMAN 3 Takalar melaksanakan kegiatan diskusi dan refleksi penguatan implementasi kurikulum merdeka.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dan dihadiri oleh sebagaian besar tenaga pendidik UPT SMAN  3 Takalar.

Advertisement

Adapun yang menjadi agenda pertemuan adalah upaya menguatkan literasi dan numerasi sebagai pengejawantahan dari perencanaan berbasis data, baik hasil evaluasi diri satuan pendidikan maupun dari rapor pendidikan.

Kombel merupakan suatu perkumpulan pendidik dan tenaga kependidikan yang belajar bersama dan berkolaborasi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa.

Nurhijrah.,S.Pd.,M.Pd selaku inisiator terbentuknya salah satu komunitas belajar yang telah terbentuk disman 3 Takalar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya membangun pembiasaan refleksi dan diskusi untuk mencari solusi dari permasalahan pembelajaran yang dijumpai diruang kelas.

Sementara itu kepala AUPT SMAN 3 Takalar Ilham.,S.Pd.,M.Pd menyambut baik dan merespon kegiatan komunitas belajar yang telah dilaksanakan selama beberapa pertemuan.

Menurutnya kegiatan semacam ini merupakan aksi nyata dari perencanaan berbasis data yang telah diterapkan disma 3 Takalar.Hal ini juga menjadi salah satu program kerja wakasek kurikulum SMAN 3 Takalar dalam upaya menguatkan literasi dan numerasi yang diamini oleh Muhammad Bakri selaku wakasek kurikulum .

Selanjutnya menurut Ilham, optimalisasi komunitas belajar diharapkan akan berdampak kepada hasil belajar peserta didik. Dalam kombel, guru saling berdiskusi tentang permasalahan pembelajaran, saling membantu menyusun perencanaan, melakukan refleksi, dan evaluasi. Melalui aktivitas di dalam kombel, kompetensi guru meningkat, yang juga secara otomatis berdampak pada hasil belajar peserta didik,” .