Pantau Latihan Olah Yudha Materi IC, Danrindam Udayana Pastikan Kegiatan Berjalan Baik

16

SULSELBERITA.COM. Bali - Danrindam IX/Udayana, Kolonel Inf Wirawan Eko P.,S.E.,M.H. meninjau langsung latihan Olah Yudha materi Infiltration Course (IC) Siswa Prodi Dikmaba TNI AD TA. 2023 di Lapangan IC Pulaki Kabupaten Buleleng, Rabu (17/1/2024).

Kehadiran Kolonel Inf Wirawan Eko P, S.E., M.H. selaku Pimpinan Umum Latihan itu, didampingi Dansecaba Letkol Inf M.Andriansyah dan Kapten Arm Dedy F.Ginting peninjau dari Spersad. Perwira tiga melati itu menegaskan bahwa latihan Olah Yudha merupakan latihan tahap akhir tingkat pertama yang meliputi latihan aplikasi tempur.

Advertisement

"Salahsatu yang dipraktekkan hari ini adalah Latihan IC atau perembesan. Latihan ini bertujuan untuk melatih kesabaran dan mental para prajurit siswa dalam menghadapi situasi yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, untuk menghancurkan pasukan musuh dibawah desingan munisi tajam yang dipranggapkan tembakan musuh" Ungkap Danrindam

Pemilik baret merah ini pun melanjutkan jika Prajurit Siswa akan dilatih seolah-olah berada pada situasi pertempuran yang sesungguhnya, sehingga dalam pelaksanaannya harus memperhatikan disiplin tempur yaitu senyap dalam gerakan mulai dari berguling, merangkak, merayap mendekati musuh dan menghancurkan musuh dengan perkelahian sangkur jarak dekat.

Adapun materi latihan pada latihan Olah Yudha Prodi Dikmaba TNI AD tahun 2023 ini antara lain yaitu melaksanakan IC Infiltrasi Course/perembesan, HTF, gerak maju, Serangan, pertahanan, Rupan dalam OLI, patroli keamanan, patroli penyergapan, patroli penghadangan dan diakhiri Patroli Jarak Jauh ± 25 KM.

Terakhir, Kolonel Wirawan mengingatkan kepada pembina/pelatih maupun pendukung, agar melaksanakan latihan dengan baik, Prajurit siswa harus dapat paham apa yang dilakukan sesuai pengetahuan taktik dan tehnik yang telah dipelajari, pedomani tujuan dan sasaran latihan yang harus dicapai, semangat dalam berlatih serta awali tiap giat latihan dengan doa sesuai kepercayaan dan agamanya masing-masing. Selalu memperhatikan faktor keamanan dalam setiap kegiatan baik sebelum, selama dan sesudah latihan.