Dihadiri Petinggi Bali, Danrindam Sukses Peringati Hari Juang Infanteri ke 75 Lingkup Kodam IX/Udayana

37

SULSELBERITA.COM. Bali - Berdasarkan surat perintah Pangdam IX/Udayana yang menunjuk Danrindam IX/Udayana Kol Inf Wirawan Eko P.,S.E.,M.H sebagai Ketua Penyelenggara Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dan Rangkaian Upacara Peringatan Hari Juang Infanteri ke -75 tahun 2023 di wilayah Kodam IX/Udayana

Peringatan Hari juang Infanteri itu mengambil tema "Infanteri Yang Profesional, Modern dan Dicintai Rakyat" dibawah kendali Kolonel Infanteri Wirawan Eko kegiatan itu pun berjalan sukses sesuai skenario

Advertisement

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., saat menjadi Inspektur Upacara Hari Juang Infanteri ke 75 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Kabupaten Tabanan, pada Selasa (19/12/2023).

Hari juang Infanteri merupakan simbol kejayaan dan kemuliaan Korps yang harus dijunjung tinggi. Dimana memiliki nilai historis sepanjang massa yaitu catatan sejarah peristiwa saat menghadapi Agresi Belanda ke-2 tanggal 19 Desember 1948" Ucap Pangdam membacakan amanat dari Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) Letjen TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.S., M.A.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Korps Infanteri adalah korps yang terbesar di TNI Angkatan Darat. namun demikian dalam upaya memenangkan suatu pertempuran atau peperangan, Korps Infanteri harus bekerjasama dan bersinergi dengan semua kecabangan, karena setiap kecabangan memiliki peran masing-masing dalam setiap pertempuran.

Diakhir amanat, Jendral Bintang Dua itu menegaskan jika Prajurit Infanteri bersama rakyat serta komponen bangsa lainnya diharapkan mampu menggelorakan kembali semangat persatuan dan kesatuan, Nasionalisme Bangsa, Bela Negara dan Cinta Tanah Air dalam upaya memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Beberapa rangkaian kegiatan pun dilaksanakan pada hari itu, semisal Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) yang berjalan kaki selama empat hari dengan melintasi empat Kabupaten yaitu Badung, Bangli, Buleleng dan Tabanan. Tampak pada etape terakhir menjelang finish, Pangdam IX/Udayana beserta seluruh pejabat utama Kodam, turut berjalan kaki mendampingi Peleton YWPJ terakhir yakni dari Batalyon Infanteri 900/Satya Bhakti Wirotama, yang juga sebagai Juara Umum Peleton YWPJ.

Selain itu, usai upacara peringatan Hari Juang Infanteri ke-75 dilaksanakan juga kegiatan Bakti Sosial berupa pengobatan/pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian sembako kepada masyarakat sekitar, pemberian kursi roda dan tongkat kepada penyandang cacat/disable.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolda Bali, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO TNI AU, LO TNI AL, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kapolres Tabanan, serta undangan lainnya.