Pimpin FGD, Pj. Bupati harap Kolaborasi dan Penguatan Permodalan dalam Pengembangan UMKM di Takalar

153

SULSELBERITA.COM. Takalar - Humas, 3 November 2023. Bertempat di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Takalar, Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg pimpin Focus Group Discussion terkait pengembangan UMKM di Kab. Takalar, Jum'at 3 November 2023.

Dalam arahannya, Pj. Bupati menyampaikan salah satu upaya yang penting dilakukan untuk meningkatkan daya saing suatu daerah adalah pengembangan ekonomi. Karena hal ini menjadi indikator seberapa besar pemerintah hadir untuk memfasilitasi perkembangan kegiatan dunia usaha di daerahnya.

Advertisement

"Banyak potensi alam yang dimiliki Kab. Takalar, tinggal bagaimana kita bisa kelola dan kembangkan. Kita perlu memacu pertumbuhan ekonomi di daerah kita sehingga umkm dan pertumbuhan ekonomi dapat meningkat"Jelasnya.

Ia menambahkan umkm termasuk penopang ekonomi kita dimasa krisis. Kita terus berupaya meningkatkan ekonomi ditakalar, baik ekonomi jangka pendek dan jangka panjang. Untuk ekonomi jangka pendek bagaimana kita mengaktifkan ekonomi kerumunan dimasyarakat seperti umkm desa dan Bumdes dan untuk ekonomi jangka panjang dengan dibangunnya industri di takalar menjadi pemicu meningkatkan ekonomi.

"Saya berharap, kita bisa saling berkolaborasi dan menguatkan dalam meningkatkan umkm. Baik dari segi permodalan maupun memberi masukan dan inovasi yang dapat dikembangkan dalam peningkatan umkm sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat" harap Dr. Setiawan.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dinas Koperasi, UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Takalar A. Amil Amrillah J. Sangaji dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari FGD ini adalah terjadinya kolaborasi berkelanjutan antara pemerintah daerah dan BUMN/perbankan terkait fasilitasi akses permodalan dan program pengembangan umkm di Kab. Takalar dan kerjasama pelaksanaan program sekolah umkm baik itu bumdes dan mall palayanan publik.

Dijelaskan pula kita memiliki prodak unggulan yang sudah dipasarkan dibeberapa event diwilayah sulawesi selatan seperti telur ikan terbang, olahan rumput laut, jamu dan daun kelor dan masih banyak lagi. Dan untuk anyaman ada songkok guru, tas dan kipas juga ada gerabah yang terbuat dari tanah liat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Pimpinan OPD Kab. Takalar, Para Pimpinan Bank Cab. Takalar, para Camat se-Kab. Takalar serta para Pelaku UMKM Kab. Takalar.