Pimpin Upacara Kesadaran Nasional, Kalapas Pinta Maknai Arti Pemasyarakatan

18

SULSELBERITA.COM. Takalar,  - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Takalar menggelar upacara bendera untuk memperingati hari Kesadaran Nasional tiap tanggal 17 pada bulan berjalan, bertempat di Lapangan Lapas Takalar, Selasa (17/10).

Bertindak selaku inspektur upacara Kepala Lapas Takalar, Ashari, menjelaskan jika pelaksanaan upacara merupakan bagian dari program pembinaan.

Advertisement

"Kegiatan upacara ini merupakan bagian dari progam pembinaan untuk menumbuhkan rasa kesadaran berbangsa dan bernegara bagi warga binaan," kata Ashari.

Ashari menambahkan jika sistem pemidanaan sekarang sudah berbeda dengan yang dulu. Jika dulu menggunakan sistem kepenjaraan dengan dasar pembalasan, sekarang menggunakan sistem pemasyarakatan dengan dasar pembinaan.

"Teman-temanku yang ada di sini, ini saatnya kita dibina, dibimbing berada di tempat ini. Jangan sampai kita salah persepsi lagi, bahwasanya kita di sini hanya untuk makan, minum, saja tapi, ada proses pembinaan pembimbingan yang kita dapatkan di tempat ini," jelas Ashari.

"Orang masih persepsinya Lembaga Pemasyarakatan itu seperti dulu, orang tidak mau kunjungi penjara, orang tidak mau melihat penjara, karena takut masuk penjara. padahal sistem kita sudah berubah tidak ada lagi yang namanya sistem kepenjaraan tapi yang ada adalah sistem pemasyarakatan," tambahnya.

Terakhir, Ashari, berharap agar warga binaan bisa mengikuti program pembinaan dengan aktif sehingga saat bebas bisa menjadi orang bermanfaat di luar sana.

"Kita yang berada di sini bukan penjahat, hanya tersesat, dan hanya sementara di tempat ini, oleh karena itu keberadaaan kita di sini bukan hanya makan dan tidur. Usahakan kita berguna sehingga setelah kita bebas dari sini kita bisa menjadi orang bermanfaat," pungkasnya.