Pastikan Kualitas Bahan Makanan, Kalapas Takalar Kontrol Dapur

32

SULSELBERITA.COM. Takalar - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Takalar melakukan kontrol dapur, dari memantau situasi, memeriksa bahan makanan (bama), hingga mengecek peralatan dan proses masak, Sabtu (14/10).

Kepala Lapas Takalar, Ashari, mengungkapkan kontrol di dapur untuk memastikan penyajian makanan sudah berjalan sesuai standar.

Advertisement

"Kontrol ini kami lakukan untuk mengetahui dan memastikan kebersihan dapur, sarana prasarana dapur, proses mengolah makanan, kondisi bahan makanan, kelayakan proses penyajian hingga proses distribusi kepada para warga binaan sudah memenuhi standar," kata Ashari.

Ashari, menambahkan bahwa dapur Lapas Takalar telah menerapkan standar operasional laik higiene

"Sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, bahwa penerapan dapur higiene wajib dilaksanakan di setiap lapas dan rutan. Kami di Lapas Takalar telah memperoleh sertifikat Laik Higiene atau dapur sehat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar. Untuk memperoleh sertifikat itu tentu harus melalui serangkaian pengujian," tambahnya.

Terakhir, Kalapas Takalar menyampaikan jika kebersihan dapur sangat penting untuk menunjang kelayakan makanan warga binaan.

"Warga binaan perlu makanan sehat dan bersih, untuk itu kondisi dapur harus senantiasa diperhatikan. Makanan sehat tentu akan berdampak baik bagi kebugaran warga binaan. Sebab tubuh bugar, membuat warga binaan dapat mengikuti program pembinaan dengan baik," pungkasnya.